Sehari, Empat Warga Terluka Diserang Anjing Gila

oleh -1231 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (20 Februari 2024) – Warga Dusun Pernek, Desa Leseng Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa, sempat resah. Pasalnya, lima warganya diserang anjing gila. Dalam serangan ini, empat orang terluka parah dan harus ditangani secara medis.

Kepala Dinas Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa, Junaidi, melalui Drh Deny Hairurrozikin selaku Medik Veteriner Puskeswan Moyo Hulu, menyebutkan, korban pertama, Endang Susilowati (44). Perempuan ini diserang anjing saat sedang memasak di peternakan ayam petelur. Anjing tersebut menggigit lengannya. Selanjutnya, Ahmad Budi Hartono (21) yang juga berada di lokasi tergigit di betisnya.

Bukan hanya kedua orang ini, Marzel Maulana (14) ikut diserang sehingga lengannya terluka. Aksi anjing ini tak berhenti. Korban berikutnya Doni Alviandi (25) yang tergigit di kaki. Anjing tersebut juga menyerang Reny. Beruntung wanita ini tidak terluka karena anjing tersebut hanya merobek pakaiannya.

Baca Juga  Positif Covid-19 Didominasi Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala

Saat ini, sejumlah korban telah menerima perawatan medis di Rumah Sakit Manambai Abdulkadir (RSMA) dan Puskesmas Moyo Hulu. Mereka diberikan vaksin anti rabies atau VAR.

Langkah yang telah diambil setelah kejadian tersebut, ungkap Deny, berkoordinasi dengan pihak berwenang untuk melakukan operasi eliminasi terhadap anjing liar. Selain itu melakukan kampanye informasi edukatif untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya rabies dan pentingnya vaksinasi anjing. “Pendataan pemilik anjing di sekitar lokasi kejadian sedang kami lakukan,” imbuhnya. (SR)

pilkada mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *