Mangan Rame Mengisi Sabtu Budaya di SMPN 3 Plampang

oleh -121 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (5 Februari 2023)–Keluarga Besar SMP Negeri 3 Plampang mengisi Sabtu Budaya dengan “Mangan Rame”. Kegiatan yang dalam rangka memperkuat silaturrahim dan melestarikan buaya local ini digelar di lapangan utama SMP Negeri 3 Plampang, Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa, Sabtu (4/2).

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Pembina Kesiswaan SMPN 3 Plampang, Erni Asmiati Ningsih, S.Pd, kepada Wartawan samawarea.com Biro Sumbawa Timur menyebutkan bahwa Mangan Rame atau Mangan Barema (makan bersama) merupakan salah satu budaya Samawa.

Kegiatan budaya ini sengaja dilaksanakan dan diikuti guru dan siswa, dalam rangka merajut budaya saling satingi, menuju siswa berkarakter.

“Mangan Rame ini sebagai ajang untuk mempererat kebersamaan dan kekompakan antara sesama guru dan sesama murid. Juga melestarikan dan membudayakan kearifan local, serta menguatkan karakter dan jati diri siswa-siswi peserta didik di tengah gempuran arus globalisasi yang penuh tantangan dewasa ini.

Baca Juga  Kontingen O2SN Kecamatan Plampang Siap Berlaga dan Berprestasi

Pada zaman dahulu, tradisi Mangan Rame ini dilakukan oleh kaum hawa dengan cara membawa makanan atau sajian dengan berjalan beriringan menuju tempat penjamuan sambil mengenakan pakaian adat.

“Alhamdulillah, hari ini keluarga besar SMPN 3 Plampang melaksanakan Mangan Rame dengan diiringi rasa syukur kepada Allah SWT, atas rahmat-Nya. Semoga tradisi ini tetap lestari,” harapnya. (BUR/SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *