Wagub NTB Launching Sekolah Bersih dan Sehat di Kabupaten Sumbawa

oleh -144 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (5/3/2020)

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd dan Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah beserta Ny. Sovia Novrianti Rayes Mahmud Abdullah melaunching Program Sekolah Bersih dan Sehat melalui Kegiatan Zero Waste di Halaman SLBN 1 Sumbawa, Kamis (5/3). Hadir menyaksikan, Forkopimda Sumbawa, Asisten dan Kepala Biro Sekretariat Daerah Provinsi NTB, Kadis Dikbud, Kadis Lingkungan Hidup dan Kadis Kesehatan Provinsi NTB, para Kepala Perangkat Daerah Sumbawa, kepala sekolah, Ketua DWP Kabupaten Sumbawa, dan para pelajar.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur NTB menyampaikan bahwa sekarang virus Zero Waste sudah tertular sangat luar biasa baik di TK, SD, SMP, dan SMA. SLB juga sudah mulai menggeliat dan tidak mau ketinggalan untuk menerapkan sekolah yang bersih dan sehat di lingkungannya masing–masing. Selain itu 10 kabupaten/kota juga semangat dalam menerapkan zero waste. “Ini patut kita syukuri karena mengubah pola pikir itu tidak mudah, pasti banyak tantangan yang dihadapi. Salah satu program ini adalah untuk bagaimana merekatkan, mensinergikan, mengolaborasikan serta memberi support untuk mengajak untuk bersama–sama menyelesaikan semua permasalahan di NTB, karena ini tugas dan tanggung jawab kita bersama,” kata Wagub yang akrab disapa Ummi Rohmi.

Baca Juga  Bupati Sumbawa Mengucapkan HUT Bhayangkara ke-74

Sekolah bersih dan sehat serta keterlibatan orang tua harus bisa diwujudkan dan menjadi kebutuhan. Karena keterlibatan keluarga ini adalah gerak dari Ketua TP PKK yang didorong dan disupport. “Sekolah sebagai agen perubahan, maka melalui sekolah kita masukan nilai–nilai itu, sehingga nilai itu akan menyebar ke keluarganya, lingkungan dan skup yang lebih luas lagi hingga akhirnya program kita ini,” harapnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah mengharapkan kegiatan ini menjadi momentum yang sangat bermanfaat khususnya bagi Kabupaten Sumbawa dan kabupaten/kota lainnya di Pulau Sumbawa sekaligus sarana dalam mendorong semangat “ingo roro, kokat” (lihat sampah, pungut). Sebab hal ini sangat relevan dengan upaya mendukung program zero waste. “Mari kita terus berupaya secara maksimal, dengan kebersamaan, dan etos kerja yang tinggi, dibarengi niat untuk beribadah, membangun bangsa dan negara kita, khususnya Tana’ Samawa tercinta ini, dengan tetap memperhatikan konsep pembangunan berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat masa kini maupun anak cucu kita di masa mendatang,” ujarnya.

Baca Juga  Malam Ini 13 Pasien Covid di NTB Sembuh, 3 dari Sumbawa

Diakhir sambutannya, Wabup mengajak semua pihak bersama-sama melakukan upaya kecil namun bermanfaat besar dalam mengurangi sampah mulai dari lingkungan masing-masing. Karena semakin banyak yang peduli sampah, maka pemasalahan sampah akan semakin mudah diatasi.

Sebelumnya Kepala Dikbud Provinsi NTB, Dr. H. Aidy Furqon, M.Pd melaporkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu misi Pemerintah NTB yaitu mewujudkan bersih sehat dan cerdas serta asri lestari. “Sejak Januari lalu lalu kita langsung melaksanakan gerakan secara masif untuk mewujudkan sekolah bersih dan sehat. Salah satu bentuk programnya adalah melaksanakan zero waste, melaksanakan pendidikan keluarga dan melaksanakan program gizi sehat bagi remaja,” bebernya.

Dikbud NTB ungkapnya, berupaya membangun pendidikan dengan 4 strategi yaitu profile, penampilan, pelayanan dan prestasi.

Dalam kesempatan itu, Wagub Ummi Rohmi menyerahkan penghargaan atas terselenggaranya program pendidikan keluarga di lingkungan sekolah kepada sejumlah sekolah. Yaitu SLBN 1 Sumbawa, SMAN 1 Sumbawa, SMAN 1 Lopok, dan SMAN 1 Moyo Utara. Kemudian penghargaan atas prestasi menyelenggarakan program Sekolah Bersih dan Sehat melalui program Zero Waste kepada SMAN 1 Utan, SMAN 1 Lape, SMAN 1 Alas dan SMKN 1 Buer. (SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *