Website Karantina Pertanian Sumbawa Raih Juara I Nasional

oleh -94 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (12/7/2019)

Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas I Sumbawa memperoleh juara I dalam lomba “Inovasi Website dan Keterbukaan Informasi Publik”. Penghargaan tersebut diberikan dalam acara penutupan 142 Bulan Bhakti Karantina Pertanian tahun 2019, yang dilaksanakan di BUTTMKP Bekasi, Rabu (11/7) kemarin. Acara yang dipimpin langsung Kepala Badan Karantina Pertanian ini dihadiri juga 52 Unit Pelaksana Teknis Lingkup (UPT) seluruh Indonesia.

Lomba ini merupakan penjabaran dari Undang-undang No. 14 Tahun 2008 yaitu instansi pemerintah berkewajiban untuk menyelenggarakan keterbukaan informasi publik khususnya di era digital. Dengan terbukanya akses ke publik, diharapkan mempercepat perwujudan pemerintahan yang terbuka dan merupakan upaya strategis mencegah praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), dan terciptanya pemerintahan yang baik (good governance). “Saya mengucapkan terimakasih kepada tim website SKP Kelas I Sumbawa Besar, sehingga website kita yang beralamat di http://sumbawa.karantina.pertanian.go.id/ mendapat penghargaan terbaik pertama Inovasi Website dan Keterbukaan Informasi Publik,” ungkap Kepala SKP Kelas I Sumbawa Besar, Ida Bagus Putu Raka Ariana.

Baca Juga  Pengembangan Pantai Balad Butuh Sosok Pengganti Malik Salim

Untuk mendapatkan juara ini, Raka—akrab pejabat ini disapa menyebutkan ada 9 kriteria penilaian yang harus dipenuhi. Yaitu identitas, isi situs, fitur, layanan publik, inovasi, kecepatan (speed), kemudahan dibaca (readybility) mobilitas data, ketepatan (accuracy), dan ukuran kualitas interaksi (usability).

Raka berharap, keterbukaan informasi publik mampu mendukung kegiatan perkarantinaan. Sehingga meningkatkan SKP Kelas I Sumbawa Besar untuk semakin tangguh dan terpercaya dalam menjaga Pulau Sumbawa dari ancaman Hama Penyakit Hewan Karatina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK). “Dan pastinya website kebanggaan kita juara tingkat Kementerian, yang diadakan bulan depan,” imbuh Raka. (SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *