Ketua IKASUM Kaltim Bagi Kesuksesan dengan Mahasiswa UNSA

oleh -164 Dilihat

Melalui Kuliah Umum Kewirausahaan

SUMBAWA BESAR, SR (26/03/2018)

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Ekonomi Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar menghadirkan Ketua Ikatan Keluarga Sumbawa (IKASUM) Kalimantan Timur, Amran Wahyudia ST sebagai narasumber pada kegiatan Kuliah Umum Kewirausahaan, Sabtu (24/3) kemarin. Amran adalah pengusaha muda asal Sumbawa yang sukses di Kota Balikpapan. Karena itu studium general yang digelar UNSA ini dimaksudkan agar para mahasiswa terinspirasi dengan kesuksesan Amran membangun usahanya dari nol hingga berhasil.

Ketua Panitia Pelaksana Studium General HMPS Pendidikan Ekonomi, Desi Susanti melaporkan bahwa tema kegiatan yaitu “growing business with creativity” dengan tujuan agar mahasiswa memiliki pemahaman dan pengalaman dalam mengembangkan bisnis dengan daya kreativitas. Menurut mahasiswa semester IV Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UNSA ini, problema yang dihadapi Bangsa Indonesia saat ini salah satunya masih tinggi angka pengangguran terutama lulusan perguruan tinggi. Hal ini tidak diimbangi dengan tersedianya lapangan pekerjaan. “Bayangkan saja setiap tahun ribuan sarjana dihasilkan dari perguruan tinggi. Karenanya hal yang paling tepat dilakukan adalah menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa,” katanya.

Baca Juga  Antisipasi Krisis Air “Wanasari Labangka” Programkan Save Mata Air

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni UNSA, Dr. Budi Prasetiyo, S.Sos, M.AP, mengatakan, program bidang kemahasiswaan Universitas Samawa diarahkan pada peningkatan kreativitas. Apalagi kegiatan enterpreneurship yang harus dikedepankan adalah kreatif. “Setiap kegiatan usaha yang kita lakukan manakala tidak memiliki unsur kreatif tidak akan berkembang. Karena itu UNSA saat ini sudah banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang diarahkan pada pengembangan wirausaha mahasiswa termasuk kegiatan hari ini yang dilakukan oleh HMPS Pendidikan Ekonomi menghadirkan pengusaha muda yang berkompeten di bidangnya sehingga nantinya mahasiswa memiliki spirit untuk menjadi pengusaha, bukan lagi mencari pekerjaan (job seeker) akan tetapi menjadi job creator yang membuka lapangan pekerjaan,” paparnya.

Sementara itu Ketua IKASUM Kaltim, Amran Wahyudia ST mengaku sangat bangga dapat berbagi pengalaman dengan para mahasiswa Universitas Samawa sebagai salah satu kampus tertua di Sumbawa Besar. “Saya hadir di sini ingin mengubah mind side adik-adik mahasiswa untuk tidak ragu lagi menjadi pengusaha karena berdasarkan wasiat Rasulullah bahwa berdaganglah engkau, karena sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada dalam perdagangan,” ujar Amran.

Baca Juga  Dituding Tidak Perhatian, Ternyata Mo-Novi Sudah Usulkan Perbaikan Jalan Kuris-Terata

Tentu untuk memulainya dilakukan dengan beberapa cara. Diawali dengan doa yang diijabah oleh Allah SWT, melakukan mind map (pemetaan) terhadap potensi apa yang akan dikembangkan di sekelilingnya, serta cita-cita yang tinggi. Sebab dengan mimpi tersebut dapat memotivasi diri untuk terus berusaha. “Saya berpesan kepada adik-adik mahasiswa dalam setiap kegiatan usaha apa yang kita lakukan agar selalu berdoa karena sukses kita merupakan skenario tuhan,” ungkap Direktur Utama PT. Wahyu Mandiri Amara Cipta dan Direktur CV. Wahyu Mandiri. Pada kegiatan tersebut juga diberikan bantuan pendidikan kepada dua orang mahasiswa berprestasi dan kurang mampu di lingkup Universitas Samawa Sumbawa Besar. (SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *