Sport Center di Kawasan Samota akan Terbangun Sebelum PON 2028

oleh -116 Dilihat
Asisten Perekonomian dan Pembanguna Sekda Sumbawa, Lalu Suharmaji ST MT

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (21 Mei 2023) – Pembangunan Sport Center di Kawasan Samota Kabupaten Sumbawa diperkirakan akan dituntaskan sebelum Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028 mendatang. Pada PON tersebut NTB ditunjuk sebagai tuan rumah. Dan ada beberapa cabang olahraga (Cabor) pada PON 2028 yang dipertandingkan di Kabupaten Sumbawa.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Sumbawa, Lalu Suharmaji ST., MT yang ditemui di Sirkuit MXGP Samota, Sabtu (20/5) mengatakan, bahwa saat ini tengah disusun master plan. Dalam desainnya, di kawasan Sport Center itu akan dibangun stadion sepakbola bertaraf nasional seperti Stadion Gelora Bung Karno, Jakabaring dan lainnya.

Di kawasan itu juga akan dibangun sebanyak 4 aula besar untuk kegiatan masyarakat yang dilengkapi dengan mushollah dan lokasi UMKM. Tak hanya itu dibangun juga menara pandang yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk berswafoto atau menikmati keindahan view wilayah Samota yang dikelilingi lautan dan pegunungan.

Baca Juga  Peringati Harganas di KSB, 523 Anak Stunting di KSB Dapat Bingkisan

Namun tidak semua cabang olahraga bisa dilaksanakan di Sport Center Samota. Yang bisa dilaksanakan di Sport Center lebih banyak out door daripada indoor. Misalnya Grass Track, Road Race, volley pantai dan lainnya.

Mengenai estimasi anggaran, Suharmaji mengaku belum memastikannya. Yang jelas, pemerintah pusat akan membantu pembangunannya. Tim KONI pusat beberapa waktu lalu telah turun ke lokasi. Sebab Sumbawa menjadi salah satu daerah di NTB, tuan rumah beberapa Cabor PON 2028.

“Ketika sudah ditetapkan sebagai tuan rumah, sudah pasti pusat akan menggelontorkan dana untuk membangun fasilitas representatif. Dan bisa jadi Sport Center sudah terbangun sebelum pelaksanaan PON,” ujarnya.

Salah satu syarat pemerintah pusat akan membantu anggaran pembangunan, ungkap Suharmaji, lahan tempat dibangunnya Sport Center, harus milik daerah. Karena itu Pemda Sumbawa belum lama ini telah menuntaskan pembayaran lahan seluas 70 hektar terdiri 16 bidang tanah senilai Rp 52.631.227.415 (52,6 milyar).

rokok

Nilai tersebut merupakan hasil perhitungan Apraisal, yang terungkap dalam Musyawarah Penetapan Bentuk Ganti Kerugian yang dipimpin Bupati Sumbawa didampingi Wakil Bupati, Sekda, Asisten dan Ketua Panitia Pengadaan Tanah beserta anggota, dihadiri para pihak yang berhak di Lantai I Kantor Bupati Sumbawa, Februari 2023 lalu.

Baca Juga  Usai Konsumsi Obat, Sopir Ditemukan Meninggal di Depan Apotik

Suharmaji berharap dukungan masyarakat sehingga pembangunan sport center yang menjadi harapan masyarakat dapat berjalan aman dan lancar. (SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *