Cekdam Orong Seman Desa Sepakat Hanyut, Petani Terancam Gagal Panen

oleh -78 Dilihat
Cekdam (Reban) Orong Seman, Desa Sepakat, Kecamatan Plampang, amblas akibat diterjang banjir bandang, petani terancam gagal panen

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (5 Februari 2023)–Petani di wilayah Cekdam (Reban) Orong Seman, Desa Sepakat, Kecamatan Plampang, terancam gagal panen. Pasalnya, Cekdam tersebut amblas akibat diterjang banjir bandang yang melanda 9 dusun di tiga desa wilayah Kecamatan Plampang, Jumat (3/2) kemarin.

Kepala Desa Sepakat, Alwi kepada Wartawan samawarea.com Biro Sumbawa Timur, Sabtu (4/2), mengakui bahwa petani di wilayah Cekdam Orong Seman, risau karena dihantui gagal panen. Cekdam satu-satunya sebagai sumber pengairan lahan pertanian di Orong Seman, amblas dihantam banjir. Bentangan badan Reban Seman sepanjang 20 meter habis total.

“Ada sekitar 30 hektar lebih lahan petani yang bergantung pada pengairan Cekdam itu. Jika kondisi ini tidak segera tertangani akan terjadi gagal panen bagi petani di Peliuk Orong Seman,” ungkapnya, seraya mengaku telah melaporkan permasalahan itu ke kabupaten agar ada solusi dalam mengatasinya.

Baca Juga  Pimpinan DPRD NTB Dilantik, Gubernur Harap Sinergi Terus Terjaga untuk NTB Gemilang

Yan Sonteng—salah seorang petani Orong Seman, mengaku khawatir tanaman padinya tidak lagi memiliki sumber air. Sebab Cekdam setempat hanyut dibawa banjir. “Kalau kami gagal panen, kami tidak bisa makan. Kami berharap kepada pemerintah maupun dinas terkait segera menanganinya dengan membangun kembali Reban Orong Seman,” pintanya. (SR)

 

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *