Prestasi Nasional Iringi Peringatan Harganas di Kabupaten Sumbawa

oleh -92 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (7/8/2019)

Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional XXVI Tahun 2019 di Kabupaten Sumbawa berlangsung semarak, Selasa (6/8). Kegiatan yang diawali dengan penampilan Sanggar Seni Liser SMANDA, dan Drama Sebabak dari PIK-R SMAN 2 Sumbawa, serta Paduan Suara Gita Kencana Dinas P2KBP3A tersebut, dihadiri Bupati Sumbawa, Ketua TP. PKK Kabupaten Sumbawa, anggota Forkopimda, Asisten Sekda Sumbawa, Staf Ahli Bupati, anggota DPRD terpilih, Pimpinan OPD, camat dan lurah, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda.

Bupati Sumbawa H.M. Husni Djibril, B.Sc dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada OPD terkait yang telah bekerja keras dan bersinergi menjalankan berbagai program dan kegiatan bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kabupaten Sumbawa. Berbagai upaya telah dilakukan Pemkab Sumbawa dalam mendukung program KKBPK, termasuk sinergitas yang telah terjalin baik antar OPD. Dengan berbagai capaian tersebut, diharapkan tidak lantas membuat langkah berhenti sampai di sini, namun harus terus melaju kencang agar capaian-capaian terbaik dapat diraih untuk seterusnya.

Disampaikan, pada Tahun 2018 lalu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, memberikan penghargaan Manggala Karya Kencana, dan tepatnya Desember 2018 kembali menerima penghargaan Anugerah Kencana dari BKKBN RI, sebagai satu-satunya Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dinilai sangat berkomitmen dalam mendukung program KKBPK. Kemudian pada Tahun 2019, Ketua TP PKK Sumbawa juga mengukir prestasi yang sama, yakni menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kepala BKKBN Pusat pada Peringatan Harganas Tingkat Nasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat atas dedikasinya terhadap program KKBPK.

Terkait penanganan masalah stunting di Kabupaten Sumbawa yang menempati urutan tertinggi dari 10 Kabupaten/Kota di NTB yakni mencapai 41,92%, berdasarkan data stunting tahun 2017 hasil pemantauan status gizi Bappenas dan Kemenkes RI. Pada tahun 2018, berdasarkan hasil riset kesehatan dasar, angka tersebut menurun menjadi 31,53%. Penurunan ini tentu saja tidak terlepas dari konvergensi lintas sektor melalui aksi-aksi yang telah dilakukan secara paralel oleh OPD terkait. Bahkan berdasarkan data internal Dinas Kesehatan Sumbawa hasil dari kegiatan pekan penimbangan, diperoleh data bahwa per November 2018, angka stunting di Kabupaten Sumbawa turun signifikan menjadi 11,87%.

Baca Juga  Presiden Jokowi Serahkan 1.500 Sertifikat di Cilacap

Bupati juga mengapresiasi pencapaian pelayanan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), persentase MKJP di seluruh Kecamatan di Kabupaten Sumbawa rata-rata sudah berada di atas 50% baik berdasarkan angka Perkiraan Permintaan Masyarakat (PPM) maupun dari total jumlah Pasangan Usia Subur (PUS). Namun terkait angka ibu hamil Kekurangan Energi Kronik (KEK) yang saat ini masih berada di angka 13,86%, belum memenuhi target kurang dari 10%, begitu juga ibu hamil anemia masih berada di angka 19,23% belum memenuhi target kurang dari 10%. Bupati minta komitmen semua pihak, dalam melaksanakan program KKBPK ini, agar dapat berjalan dengan baik. “Dibutuhkan peran aktif dari seluruh pihak baik anggota keluarga, masyarakat, maupun Pemerintah Daerah. Mari bergotong royong mengambil peran dan tanggung jawab, untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang mandiri, sehat, bahagia dan sejahtera,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Ketua TP PKK Hj. Amien Rahmani Husni Djibril selaku ketua panitia penyelenggara melaporkan Harganas tahun 2019 mengangkat tema “Hari keluarga hari kita semua” dengan mengusung pesan inti “cinta keluarga, cinta terencana”. Tujuannya, meningkatkan peran serta pemerintah, mitra kerja, swasta, masyarakat dan keluarga tentang pentingnya penerapan delapan fungsi keluarga secara optimal yang terdiri dari agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, pendidikan reproduksi, sosial dan budaya serta lingkungan, kemudian dapat mewujudkan penerapan empat pendekatan ketahanan keluarga yakni keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya serta keluarga peduli dan berbagi.

Dalam kesempatan tersebut, Hj. Amien membacakan sebuah puisi yang berjudul “keluarga”. Puisi yang diciptakan sendiri oleh Ketua TP. PKK tersebut bermakna bahwa keluarga adalah harta yang paling berharga dan tidak pernah menyusut, karena semakin dalam disimpan, maka semakin mahal nilainya. Karena itu, berbahagialah orang-orang yang memiliki dan memperjuangkan keluarga dengan sebaik-baiknya dan sekuat-kuatnya. “Jika kita adalah rumah, pohon daun atau buah-buah cinta, berbahagialah kita yang mampu melakoni peran tersebut sebaik-baiknya, sekuat-kuatnya. Kita tidak akan pernah melangkah lebih jauh dari do’a. Kita akan selalu menemukan cinta setiap kali kita membutuhkannya,” ucapnya.

Baca Juga  Virtual Geotourism Festival 2020, Solusi Promosikan Pariwisata di Masa Pandemi

Camat Sumbawa Hikmawan, SH selaku tuan rumah menyerahkan cinderamata berupa nisung dan serune yang merupakan hasil karya anak muda Brang Biji yang tergabung dalam Samawa Antique, kepada Bupati Sumbawa dan Ketua TP. PKK Sumbawa. Kemudian Ketua TP. PKK Kecamatan Sumbawa, Sari Dewi, S.Pd memberikan cinderamata berupa 1 buah tas daur ulang dari bungkus kopi dan 1 buah tas dari bahan kre alang Sumbawa kepada Ketua TP. PKK Kabupaten Sumbawa. Tas ini merupakan karya tangan-tangan terampil anggota TP PKK Kecamatan Sumbawa.

Dalam acara tersebut, diumumkan dan dibagikan hadiah dan piagam penghargaan kepada para pemenang lomba, antara lain lomba kelompok BKB yang dijuarai oleh kelompok BKB Raudhatul Ulum Desa Gontor Kecamatan Alas Barat, lomba cerdas cermat menjadi orang tua hebat dijuarai Kecamatan Moyo Utara, Yel-yel KIE terbaik lomba cerdas cermat menjadi orang tua hebat diraih Kecamatan Batu Lanteh, lomba PIK R jalur pendidikan berhasil diraih PIK R Risca Smanda SMAN 2 Sumbawa, pemilihan duta genre berhasil diraih oleh Lani Melani siswi SMA N 1 Sumbawa dan Linda Yuliana siswi SMA N 2 Sumbawa. Sementara itu, Rumah Sakit Umum Daerah Sumbawa berhasil meraih lomba rumah sakit KB pasca persalinan dan keguguran, dan Puskesmas Unit I Seketeng Kec. Sumbawa berhasil meraih juara dalam lomba Puskesmas MKJP. Piagam penghargaan juga diberikan kepada Camat Sumbawa dan Camat Rhee atas dedikasinya dalam mensukseskan program KB, serta kepada Ketua TP. PKK Kec. Sumbawa dan Ketua TP. PKK Kecamatan Alas. Untuk PLKB terbaik Kecamatan Sumbawa diberikan kepada A. Halim, S.IP, dan piagam penghargaan diberikan kepada kader KB yang sudah mengabdi selama 10 tahun dalam mensukseskan program KKBPK di 24 kecamatan. (SR)

 

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *