Ujian Paket A, B dan C di Sumbawa Diikuti 1.007 Orang

oleh -414 Dilihat

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (16/1/2019)

Bukan hanya sekolah formal yang akan melaksanakan Ujian Nasional pada Tahun Pelajaran 2018/2019 ini, sekolah non formal pun demikian. Bahkan untuk ujian Paket B dan C, warga belajarnya juga melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) layaknya pelajar SMP dan SMA sederajat. Untuk diketahui, UNBK belum berlaku untuk siswa SD termasuk warga belajar Paket A. Di Kabupaten Sumbawa, seperti disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian PAUD dan PNF, Ida Faridah, S.Sos, M.Acc, tercatat sebanyak 18 lembaga yang siap melaksanakan ujian baik Paket C, B dan A. Adalah PKBM Pantai Selatan. Lembaga ini melaksanakan tiga ujian sekaligus yakni Paket A, B dan C. Lokasi ujiannya di pusatkan di SMAN 1 Lunyuk. Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Sumbawa di Kecamatan Alas, melaksanakan ujian Paket B dan C di SMAN 1 Alas. PKBM Al Ikhsan (Paket B dan C) di SMAN 1 Alas. PKBM Insan Samawa (Paket C) di SMAN 4 Sumbawa, PKBM Altarabat Mina (Paket C) di SMAN 3 Moyo Hilir, PKBM Bina Bersama (Paket C) di SMK Gunung Galesa, PKBM Tunas Harapan Paroso (Paket B) di MAN 2 Sumbawa, PKBM Kemang Menir (Paket B) di SMPN 3 Moyo Hulu dan PKBM Krisna (Paket B dan C) di SMAN 1 Plampang. Selain itu PKBM Mandiri (Paket C) di SMPN 1 Empang, PKBM Saling Pendi (Paket B) di SMPN 4 Badas, PKBM Tekat Cerdas (Paket B) di SMPN 1 Labangka, PKBM Cahaya (Paket B) di SMKN 3 Sumbawa, PKBM Al Amanah (Paket B dan C) di SMPN 1 Maronge, PKBM Cahaya Ilmu (Paket C) di SMAN 1 Orong Telu, PKBM Cikal Bintang (Paket C) di SMPN 2 Utan, PKBM Jabal Nur (Paket C) di SMAN 1 LApe serta PKBM Surya Sekawan (Paket A dan B) di SMPN 1 Lape. “Total peserta ujian Paket A, B dan C pada tahun ini mencapai 1.007 warga belajar,” sebutnya.

Baca Juga  Istri Gubernur NTB Himbau Hindari Jajanan Sembarangan

Untuk jadwal ujian kata Ida—sapaan singkatnya, Paket C pada 12—16 April, dan susulan 26—30 April 2019. Sementara ujian utama Paket B digelar 4—12 Mei, dan ujian susulan tanggal 18—19 Mei 2019. Untuk ujian PAket A dilaksanakan Bulan April. Namun tanggal pastinya belum diketahui. Untuk Paket C, mata pelajaran yang diujiankan nanti meliputi PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Geografi dan Sosiologi. Paket B, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS. “Kalau Paket A mapel yang diujiankan sama dengan SD, yaitu, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA,” kata Ida.

Untuk persiapan lanjut Ida, pihaknya akan berkunjung ke lembaga penyelenggara untuk memberikan pembinaan, terutama bagi lembaga yang belum pernah melaksanakan UNBK. Dalam pembinaan nanti, diharapkan lembaga yang belum pernah melaksanakan ujian dengan menggunakan perangkat lunak dapat melakukan simulasi sebelum ujian dilaksanakan agar warga belajarnya tidak kagok. (SR)

rokok pilkada mahkota NU

Responses (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *