RSUD Asy-Syifa KSB Kembali Gelar Operasi Katarak Gratis

oleh -107 Dilihat
dr. Carlof Sitompul, Direktur RSUD Asy-Syifa KSB

SUMBAWA BARAT, SR (19/07/2018)

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Assyifa Kabupaten Sumbawa Barat kemabali melaksanakan Program Operasi Katarak Gratis di KSB. Kalin ini targetnya 100 orang penderita katarak yang siap operasi pada 24 Juli 2018 ini.

Ditemui SAMAWAREA belum lama ini, Direktur RSUD Assyifa, dr. Carlof Sitompul membenarkan digelarnya Operasi Katarak di Kabupaten Sumbawa Barat yang akan dipusatkan di RSUD Assyifa dengan target 100 orang penderita katarak. Untuk melaksanakan kegiatan social ini, pihaknya bekerjasama dengan RSUD Provinsi NTB yang akan mendatangkan dokter spesialis dengan perawat khusus mata sebanyak 13 orang. “Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 24 sampai 27 Juli 2018 ini,” imbuhnya.

Untuk peserta, dr. Carlof mengaku sudah dilakukan pendataan melalui puskesmas di masing masing kecamatan. Puskesmas akan memeriksa calon peserta apakah benar katarak atau tidak, setelah data terkumpul maka puskesmas akan menyerahkan data tersebut ke RSUD. Nama calon peserta yang diajukan oleh puskesmas akan diperiksa tim dokter spesialis apakah penyakitnya sudah berat dan bisa dioperasi atau tidak. “Semua data akan diseleksi lagi sampai angka 100 orang yang penyakitnya memang butuh tindakan operasi,” ujarnya.

Baca Juga  Sekda Minta Waspada, Covid Sasar Perkantoran

Lebih jauh dijelaskan dr Carlof, kembali dilaksanakannya Operasi Katarak Gratis ini karena angka penderita di KSB sangat tinggi. Menurut proyeksinya angka masyarakat yang menderita penyakit katarak di KSB sekitar 4% dari jumlah penduduk atau 4.000 orang. “Kita hitung rielnya saja setengahnya sekitar 2000 orang kan kita masih tergolong tinggi sekali, karena kita tidak mempunyai layanan mata, maka langkah ini menurut kami sangat positif bisa mendekatkan pelayanan masyarakat. Dalam perjalanan kami banyak sekali menemukan kasus mata yang datang ke kami. Karena kami tidak memiliki spesialis mata dengan terpaksa kami sarankan untuk dirujuk ke Mataram atau Sumbawa,” bebernya.

Sebagai bentuk komitmennya, di RSUD Assyifa aka nada pelayanan medis khusus mata. Pihaknya telah melakukan komunikasi dengan dokter spesialis mata dan siap datang ke KSB. “Ruangan sudah kami siapkan dan kelengkapan alat mata juga sudah disediakan. Kalau tidak ada halangan acara Operasi Katarak ini sekaligus launching pembukaan layanan mata di RSUD Assyifa,” pungkasnya. (HEN/SR)

rokok
rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *