Momen Puasa, BNN Sumbawa Beri Kultum Tentang Bahaya Narkoba

oleh -285 Dilihat

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN BNN KABUPATEN SUMBAWA 

SUMBAWA BESAR, SR (24/05/2018)

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sumbawa terus memanfaatkan setiap momen untuk mendorong masyarakat untuk menjauhi dan memerangi narkoba. Seperti pada momen Bulan Ramadhan 1439 H ini. Kepala BNN Sumbawa, AKBP Syirajuddin Mahmud dan jajaran melakukan Safari Ramadhan dan memberikan kuliah tujun menit (Kultum) di setiap masjid yang dikunjungi. Salah satunya di Masjid Al-Islam Kelurahan Seketeng Kecamatan Sumbawa, Rabu (23/5) malam. Dalam kesempatan itu Kepala BNN Sumbawa menyampaikan Kultum sebelum sholat taraweh dengan tema “Bahaya Narkoba yang Ditinjau dari Sisi Agama” yang di dalamnya mensosialisasikan UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Baca Juga  Dihantam Kayu, Anak Wartawan Nyaris Dibegal

Dalam paparan singkatnya, AKBP Syirajuddin menjelaskan pengertian Narkoba sesuai UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Narkoba disebut khamar sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran Surat Al-Maidah Ayat 90-91. Dampak yang ditimbulkan ketika mengkonsumsi khamar/narkoba tidak hanya negative dari sisi agama tapi juga dari sisi kesehatan. Kepala BNN Sumbawa yang dikenal ramah ini juga membeberkan cara mencegah agar tidak menyalahgunakan narkoba atau khamar. Yakni perduli dengan keluarga/putra atau putri, karena anak yang memiliki hubungan baik dengan keluarganya lebih mudah terhindar dari bahaya Narkoba. Bila anak terindikasi sebagai pengguna narkoba diminta segera melaporkan untuk direhabilitasi. Di bagian lain AKBP Syirajuddin juga menjelaskan tentang hak dan kewajiban pecandu atau keluarganya sesuai amanat UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Baca Juga  Bermotif Pinjaman di Bank Mekar, Pria ini Hajar Calon Ipar

Untuk diketahui, kegiatan itu dihadiri sekitar 150 jamaah terdiri dari pengurus masjid, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ibu-ibu, anak dan para remaja. (JEN/SR/*)

 

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *