Inovasi Transportasi: Eksplorasi Fitur dan Keunggulan Motor Listrik Gesits

oleh -2058 Dilihat

Awal 2023 lalu, Presiden Jokowi menjajal motor listrik Gesits yang merupakan produksi Indonesia. Saat itu Jokowi mencoba motor Gesits berwarna merah di halaman Istana Kepresidenan. Melansir Gesitsmotors.com, Jokowi berkomentar bahwa motor listrik ini tidak ada suara alias halus dan ramah lingkungan.

Gesits yang diproduksi oleh PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) juga telah melakukan uji coba berkendara dari Jakarta ke Bali. Usai melakukan perjalanan 70 km, Gesits akan melalui pengisian daya yang hanya membutuhkan waktu 3 jam saja. Cukup banyak inovasi yang patut diacungi jempol dari karya anak bangsa ini.

Inovasi Transportasi: Eksplorasi Fitur dan Keunggulan Motor Listrik Gesits

Telah beredar di pasaran, motor listrik gesits sendiri telah tersedia dan bisa dipesan melalui platform Blibli. Masyarakat kini bisa memiliki motor listrik untuk memenuhi kebutuhan harian dalam berkendara.

Kenyamanan dan keamanan berkendara pun didukung dengan beberapa inovasi yang telah diberikan, seperti:

1. Baterai Aman dengan Garansi 3 Tahun

Abdullah Alwi selaku GM Sales dan Marketing WIMA menjelaskan bahwa Gesits memberikan garansi selama 3 tahun untuk baterai. Sejauh ini baterai merupakan momok terbesar bagi masyarakat untuk membeli motor listrik.

Baca Juga  10 Desa Terpencil di KSB Resmi Menerima Perangkat Internet

Hadirnya garansi yang cukup lama ini bisa mengurangi kekhawatiran dari masyarakat. Selain garansi, Abdullah Alwi juga menambahkan bahwa baterai yang digunakan telah memanfaatkan teknologi battery management system (BMS). Teknologi ini mendukung pengisian daya aman dan bebas dari overcharge.

2. Mampu Menempuh 50 km untuk Satu Baterai

Gesits memiliki performa tinggi berkat baterai yang digunakan bisa menempuh 50 km. Di balik jok motor terdapat dua slot baterai yang membantu proses pertukaran ketika salah satu baterai kehabisan daya. Sehingga motor ini dapat melaju dengan memberikan energi sampai 100 km.

Selain itu demi menunjang laju kendaraan, Gesits dibekali dengan beberapa mode berkendara. Tersedia mode Eco, Urban, dan Sport yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak perlu juga mengatur putaran throttle.

3. Memberikan Energi yang Lebih Efisien

Kebanyakan motor asal China berkualitas buruk karena kurangnya efisiensi energi. Biasanya struktur dinamo dirancang agar bisa menambahkan massa pada unsprung mass yang justru membuat motor tidak stabil ketika dikendarai.

Hal inilah yang diperbaiki oleh motor Gesits yaitu dengan menempatkan dinamo yang menempel di tromol roda belakang. Penempatan ini membuat energi yang dihasilkan lebih efisien sekaligus motor menjadi stabil.

Baca Juga  Kemenparekraf Simulasi Panduan Protokol Kesehatan Berbasis CHSE di Pulau Lombok

4. Multi Information Display (MID) yang Cukup Besar

Gesits juga dirancang dengan MID yang ukurannya cukup besar di bagian tengah. Ada beberapa informasi yang ditampilkan seperti indikator baterai, suhu dari motor, mode berkendara yang aktif, waktu berkendara hingga tersedia koneksi bluetooth.

Tampilan layarnya juga sudah digital sehingga membuat motor ini tampil lebih modern. Tersedia juga peta atau navigasi sehingga pengendara tidak perlu lagi membuka ponsel untuk melihatnya.

Layar MID bisa dikoneksikan dengan aplikasi pada smartphone. Ketika pengendara tidak berada di atas motor tetap bisa melihat aktivitas yang terdapat pada motor. Terutama ketika terjadi kerusakan pada beberapa komponen yang membutuhkan perhatian.

Menjadi incaran banyak masyarakat, motor Gesits kini bisa dibeli dengan harga sekitar Rp28.270.000 untuk OTR Jakarta varian G1.

Rilisnya motor Gesits diharapkan dapat memudahkan pergantian penggunaan motor bbm ke motor listrik yang lebih ramah lingkungan. Masyarakat pun bisa ikut menggunakan produk dalam negeri dengan membelinya melalui Blibli untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. (*)

 

mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *