Dapat Tiga Penghargaan Nasional, Sumbawa Gelar Syukuran

oleh -1001 Dilihat
Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (6 November 2023) – Kabupaten Sumbawa telah mengukir sejarah. Sebab berhasil memborong tiga penghargaan nasional sekaligus dalam Anugerah Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2023, belum lama ini. Atas pencapaian itu, Dinas Koperindag Kabupaten Sumbawa merayakannya dengan acara syukuran yang digelar di halaman dinas setempat, Senin (6/11).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan penyerahan bantuan kepada kelompok UMKM ini dihadiri Bupati Sumbawa, Ketua DPRD, Ketua Komisi II DPRD, Asisten 1 dan 2, Kadis Koperondag dan sejumlah kepala OPD serta para pelaku UKM/IKM.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumbawa, Dr. Dedy Heriwibowo, S.Si., M.Si., melaporkan bahwa Kabupaten Sumbawa meraih The Best Municipal/Regency Program. Prestasi ini merupakan kedua kalinya diraih secara berturut-turut sejak Tahun 2022.

Baca Juga  Gelar Jalan Sehat, SHF Gratiskan 1000 Hijab

Selain itu di momen yang sama BMT Insan Samawa juga menerima IHYA Award Kategori Best Halal Micro Financial, serta Bale Kajian Halal Universitas Samawa mendapatkan IHYA Award kategori Best Academi Social Impact Inisiative. Sejumlah penghargaan ini diraih berkat terobosan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam penyelenggaraan sertifikat halal bagi UMKM dan IKM.

“Meski penghargaan ini terlihat sederhana, tapi banyak kerja dan banyak orang yang berkonstribusi,” ucapnya, seraya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkolaborasi mendukung terselenggaranya pelayanan sertifikat halal.

Saat ini ungkap Doktor Dedy, pihaknya telah merintis terbentuknya ekosistem halal. Tentu pekerjaan selanjutnya yang tidak kalah menantang adalah mengembangkan industri halal terutama di kalangan UKM dan IKM sehingga produk-produk yang dihasilkan semakin berkualitas dan memiliki daya saing.

Baca Juga  Nama Sekda Sumbawa Sudah di Meja Bupati

Untuk itu perlu adanya rancangan Perda tentang Ekosistem Produk Halal di Kabupaten Sumbawa dengan tujuan tata kelola produk halal dapat berkembang dengan baik.

Sementara itu, Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan apresiasi atas pencapaian Diskoperindag Sumbawa bersama seluruh pihak terkait. Dikatakan Bupati, ini salah satu prestasi terbaik untuk Kabupaten Sumbawa dan bukti nyata perhatian Pemkab terhadap industri halal yang telah diakui di tingkat nasional.

Dengan mendapatkan penghargaan selama dua kali berturut-turut, Bupati memastikan,Sumbawa akan lebih dilirik oleh kabupaten kota lain. “Saya berharap kedepannya capaian-capaian prestasi lainnya dapat terus meningkat sesuai dengan motto Sumbawa, yaitu Sumbawa Gemilang dan Berkeadaban,” pungkasnya. (SR)

rokok zul pilkada NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *