Bupati Sumbawa Barat perkenalkan Hilirisasi Industri Peternakan di Pulau Sumbawa

oleh -86 Dilihat

Sumbawa Barat Samawarea.com (13/11/2023)

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin., MM, memaparkan konsep hilirisasi industri peternakan Pulau Sumbawa di hadapan 150 mahasiswa peternakan se-Indonesia. Bertempat di Universitas Mataram, kegiatan Seminar Nasional Potensi Peternak yang diselenggarakan oleh BEM Fakultas Peternakan Unram mengangkat tema “Prospek dan Potensi Sumberdaya Ternak Lokal Dalam Menunjang Ketahanan Pangan Lokal.”

Bupati Musyafirin menyampaikan materi tentang kebijakan regulasi dan evaluasi program peternakan yang berperan penting dalam menunjang kedaulatan pangan nasional. Dalam paparannya, beliau menyoroti potensi sumber daya alam di Kabupaten Sumbawa Barat yang mendukung pengembangan peternakan, terutama ternak sapi dan kerbau.

“Kabupaten Sumbawa Barat memiliki potensi sumber daya alam yang cukup untuk pengembangan peternakan, dan kami memperkirakan dapat menampung hingga 2 juta ekor ternak atau setara dengan 1,5 juta satuan ternak,” ungkap Bupati.

Baca Juga  561 Siswa Ikut Gladian Pemimpin Regu Penggalang

Menekankan pentingnya memaksimalkan potensi ternak di Pulau Sumbawa, Bupati Musyafirin membahas konsep hilirisasi industri peternakan. “Hilirisasi industri peternakan berarti memberikan nilai tambah terhadap produk hasil peternakan di Pulau Sumbawa, seperti daging atau produk peternakan lainnya. Kami tidak lagi mengirim ternak hidup ke daerah di luar Pulau Sumbawa,” jelasnya.

Bupati menyadari bahwa tantangan ini tidak ringan, namun ia meyakini bahwa melalui kerja kolaboratif semua pihak dalam industri peternakan, hal ini dapat terwujud. Beliau juga menekankan perlunya dukungan regulasi yang jelas dari pemerintah, terutama pemerintah provinsi, mengingat keterkaitannya dengan lalu lintas barang antar pulau.

“Dengan semangat kolaboratif dan regulasi yang mendukung, kita dapat mewujudkan hilirisasi industri peternakan di Pulau Sumbawa,” tegas Bupati Musyafirin untuk mengakhiri paparannya.

mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *