Diikuti 85 Kampus, UTS Sukses Jadi Tuan Rumah Munas BEM Seluruh Indonesia

oleh -367 Dilihat
UTS jadi Munas BEM Seluruh Indonesia. Hilmi Ash Shidiqi dari Universitas Sebelas Maret terpilih menjadi Koordinator Pusat BEM Seluruh Indonesia (SI) periode 2023-2024.

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (18 Maret 2023)–Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) sukses menjadi tuan rumah pelaksanaan Musyawarah Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (Munas BEM SI).

Kegiatan nasional yang diikuti 85 kampus se-Indonesia ini berlangsung di Hotel Parahiyangan, Sumbawa, sejak 14 Maret dan resmi ditutup Sabtu, 17 Maret 2023.

Tema yang diusung dalam Munas BEM SI kali ini adalah “Representasi Mahasiswa Sebagai Fasilitator dalam Mengupayakan Rekonsiliasi Demokrasi Indonesia”.

Munas tersebut merupakan forum tahunan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang peran dan fenomena kebangsaan, serta menampung dan mengelola gagasan intelektual mahasiswa seluruh Indonesia.

Presiden Mahasiswa UTS, Rais melaporkan bahwa Munas BEM SI ke 16 ini menjadi semangat untuk terus mempererat hubungan kerjasama antar Badan Eksekutif Mahasiswa se-Indonesia.

Baca Juga  Sejumlah Fraksi DPRD Sumbawa Tolak Pembengkakan OPD

Selain itu menjadi wadah mengevaluasi kinerja satu tahun kepengurusan Aliansi BEM SI, dan menetapkan struktur kepengurusan baru serta orientasi kerja selama satu tahun ke depan.

“Kami sangat senang, bahwa UTS dapat dipilih menjadi tuan rumah tahun ini. Teman-teman mahasiswa seperjuangan dapat berkumpul dan berdiskusi banyak hal, untuk satu tujuan yakni Indonesia yang lebih baik, membangun harmonisasi gerakan dalam merumuskan gagasan strategis untuk menyikapi berbagai permasalahan di Indonesia secara komprehensif,” kata Rais yang menjadi pioner dapat terselenggaranya MUNAS BEM SI di Sumbawa.

Rektor UTS, Chairul Hudaya, Ph.D dalam sambutannya pada malam penutupan Munas menegaskan bahwa keberadaan mahasiswa sangat penting dalam rangka pembangunan daerah, bangsa dan negara karena memiliki peran strategis sebagai agen perubahan sosial, ekonomi dan politik.

“Demi kemajuan bangsa dan negara dalam melakukan terobosan-terobosan, sikap kritis dan progresif seorang pemuda sangat diharapkan. Sudah menjadi kewajiban bagi setiap mahasiswa dalam memperjuangkan pembangunan bangsa. Sumbawa yang juga dijuluki Tana Intan Bulaeng, semoga dapat menjadi kenangan manis bagi rekan-rekan mahasiswa yang hadir. Selamat kepada BEM UTS yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan ini,” pungkasnya.

Baca Juga  SMA Negeri 2 Sumbawa Besar Mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional

Dalam Sidang Musyawarah Nasional ini, Hilmi Ash Shidiqi dari Universitas Sebelas Maret terpilih menjadi Koordinator Pusat BEM Seluruh Indonesia (SI) periode 2023-2024.

Hilmi Ash Shidiqi berkomitmen akan menjadikan BEM SI sebagai wadah perjuangan aktif, partisipatif, dan kolaboratif untuk kemajuan aliansi BEM SI dan Indonesia.

“Gerakan ini memiliki ruh baru. Perjuangan terus berlanjut, maka mahasiswa Indonesia perlu menyatukan arah gerak demi Rakyat Indonesia,” cetusnya. (SR)

pilkada mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *