Kadis Pol PP Sangat Diminati di Lelang Jabatan

oleh -14 views
Sekda Sumbawa, Drs. H. Rasyidi

SUMBAWA BESAR, SR (11/11/2016)

Dari empat jabatan yang dilelang Pemda Sumbawa, Kepala Dinas Polisi Pamong Praja sepertinya yang paling banyak peminat. Hal ini diakui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Rasyidi yang ditemui SAMAWAREA, Kamis (10/11) kemarin.

Diakui Sekda yang juga Ketua Panitia Seleksi (Pansel), sejak dibukanya seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama sejak 25 Oktober sementara ini sudah 7 orang dari belasan pejabat yang mengajukan lamaran lebih tertarik menjadi Kadis Pol PP. Selebihnya tersebar di tiga jabatan lain yaitu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTS) dan Kepala Badan Pendapatan Daerah (BPD). “Meski belum dilaporkan secara resmi, tapi informasi yang kami terima ada 7 yang melamar jadi Kadis Pol PP,” kata Haji Rasyidi—akrab Sekda disapa.

Sekda membantah rendahnya peminat lelang jabatan tersebut. Sekda juga membantah anggapan yang mengemuka jika sudah ada orang-orang yang menempati 4 posisi tersebut dan proses lelang hanya formalitas. “Anggapan itu tidak benar. Kita di Pansel tidak berpikir demikian karena setiap orang punya kesempatan yang sama asalkan memenuhi persyaratan yang ditentukan. Nasib dan keberuntungan itu sudah tercatat sebagai takdir,” ucapnya.

Memang minimal 4 orang untuk satu jabatan, sehingga dari empat jabatan minimal ada 16 pelamar. Jika dalam satu jabatan belum memenuhi minimal 4 orang, pendaftaran akan kembali diperpanjang. Selanjutnya, dari empat atau lebih pelamar untuk satu jabatan ini, akan diciutkan menjadi 3 yang kemudian oleh tim Pansel disodorkan kepada Bupati untuk ditentukan satu di antaranya. “Yang disodorkan itu pasti memiliki kompetensi yang bagus. Siapa yang dipilih bupati, itulah yang terbaik,” ujarnya.

Baca Juga  Tingkatkan Kualitas Seni Generasi Muda, Pemda KSB dan ISI Teken Kerjasama

Sebelumnya Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc mengatakan, lelang jabatan ini sebagai konsekwensi penetapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru di Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa menyusul adanya penambahan tiga SKPD baru. Dengan penambahan ini terdapat tiga kepala SKPD baru dan satu SKPD lama yang masih lowong. Untuk mengisinya, Pemda Sumbawa melaksanakan lelang jabatan atau pendaftaran. Siapapun boleh ikut termasuk para camat dan sekretaris dinas. Para pelamar ini akan diseleksi Tim Pansel. Dari seleksi ini Pansel merekomendasikan tiga nama untuk masing-masing SKPD kepada Bupati. Melalui hak prerogative bupati inilah akan ditentukan satu di antara tiga. “Dalam menentukan pilihan ini, saya menyisihkan subyektifitas dan akan saya lakukan seobyektif mungkin,” tandasnya.

Secara pribadi, Bupati mengaku tidak begitu mengenal siapa yang melamar. Siapapun yang memiliki kompetensi dan sesuai dengan latar belakang keilmuan, serta memiliki nilai plus dari yang lain, itulah yang akan terpilih.  (JEN/SR)

No More Posts Available.

No more pages to load.