Irigasi Mamak Kakiang dan Telaga Lompa Tuntas Tahun ini

oleh -236 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (17/03/2016)

Petani di wilayah Kecamatan Lape, Lopok, Moyo Hilir, Kecamatan Plampang dan sekitarnya akan semakin sejahtera. Sebab tidak lama lagi Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I akan melaksanakan Pengerjaan Saluran Induk dan Sekunder, dan Pembangunan System Jaringan Air Baku Telaga Lompa. Belum lama ini dua proyek senilai miliaran rupiah ini disosialisasikan.

Kepala BWS Nusra I, Ir Asdin Julaidy MM MT yang ditemui SAMAWAREA, menyebutkan pengerjaan saluran induk dan sekunder dengan lokasi kegiatan di Desa Brora, Lape, Unter Malang, Hijrah, Labuan Kuris Kecamatan Lape dan Desa Kakiang Kecamatan Moyo Hilir ini mampu mengairi 1.100 hektar lahan pertanian. Proyek senilai Rp 11,2 Milyar ini akan dilaksanakan PT Widya Rahmat Karya dengan waktu pengerjaan selama 6 bulan terhitung 1 Maret 2016 hingga 26 September 2016. Sedangkan Pembangunan System Jaringan Air Baku Telaga Lompa akan dilaksanakan oleh PT Mari Bangun Nusantara senilai Rp 10.6 Miliyar. Proyek yang berlokasi di Desa Muer ini mulai dikerjakan 24 Maret 2016 hingga 23 Nopember 2016.

Baca Juga  NTB Siap Sukseskan MNEK 2018

Selain dua proyek besar ini, BWS Nusra I juga akan melaksanakan pekerjaan rehabilitasi saluran, dan embung rakyat atau cekdam yang mampu mengairi 10-15 hektar lahan. “Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan membangun Sumbawa. Mumpung saya masih sebagai Kepala BWS, maka yang terkait dengan irigasi dan pengairan silahkan diusulkan. Apapun yang diminta Bapak Bupati akan saya perjuangkan,” tantangnya.

Bupati HM Husni Djibril B.Sc
Bupati HM Husni Djibril B.Sc

Sebelumnya lokasi proyek dimaksud telah dikunjungi Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc. Saat itu Bupati didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, Kepala Dinas Pertanian TPH, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Kepala Bidang Fisik Bappeda, Camat Lape, Camat Lopok, Camat Plampang, Bagian APP dan LPBJP, dan Bagian Aset Daerah. “Saya sangat bahagia menyambut mulai dikerjakannya proyek ini, karena akan bermanfaat bagi masyarakat khususnya petani,” kata Haji Husni—akrab Bupati disapa.

Baca Juga  Hari Pangan Sedunia, Sinergi dan Komitmen Harus Ditingkatkan

Ia menghimbau masyarakat untuk memberikan dukungan dalam pelaksanaan proyek ini agar berjalan lancar dan hasilnya sesuai harapan. Ketika ada hal-hal yang kurang, masyarakat wajib memberikan teguran secara santun sehingga dapat diperbaiki atau disempurnakan. Bupati juga berharap BWS dapat memprogramkan kegiatan irigasi di lokasi lainnya di Kabupaten Sumbawa ini sehingga petani Sumbawa semakin hebat dan bermartabat. (JEN/SR)

rokok
rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *