Implementasi APBD 2024, ini Usulan Banggar DPRD Kepada Pemda Sumbawa

oleh -384 Dilihat

SAMAWAREA PARLEMENTARIA KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (29 November 2023) – Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sumbawa menyampaikan beberapa usulan untuk menjadi perhatian pemerintah daerah. Saat menyampaikan laporannya, Banggar melalui juru bicaranya, I Nyoman Wisma S.IP mengatakan bahwa APBD 2024 harus dapat menuntaskan visi dan misi kepala daerah/wakil kepala daerah, yang memiliki korelasi dengan Perencanaan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), perencanaan dan penganggaran tahunan, RKPD, Renja OPD serta kebijakan umum anggaran yang telah disepakati bersama.

Karena itu, kepada semua Kepala OPD agar tetap semangat meningkatkan kinerjanya, yaitu melakukan upaya penajaman prioritas serta benar-benar mengawasi jalannya pelaksanaan kegiatan, sehingga anggaran yang terbatas dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien untuk memperoleh hasil yang optimal.

Badan Anggaran mendukung keberlanjutan program pemerintah daerah tahun sebelumnya yang dipandang sebagai program unggulan dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Seperti penghapusan kemiskinan ekstrim, Jaminan Kesehatan Nasional atau Universal Healt Coverage (UHC), pengadaan ambulance desa, pemenuhan SPM bidang pendidikan dan kesehatan, bantuan peralatan bagi petani dan nelayan, layanan pemasaran bagi UMKM, penyediaan lapangan kerja, pemberian insentif bagi guru ngaji, RT/RW, petugas posyandu, pengembangan pariwisata sejarah, peningkatan layanan air bersih, dan pemantapan infrastruktur termasuk program nasional yakni penanganan stunting, pengangkatan PPPK serta program-program prioritas daerah lainnya di tahun 2024.

Baca Juga  Bupati Sumbawa Barat Ajak Masyarakat Ingat Kisah Burung Pipit dan Nabi Ibrahim Saat Aksi Bela Palestina

Badan Anggaran mendorong keberlanjutan Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah di Sering Kecamatan Unter Iwes, termasuk penyediaan alat kesehatan yang menjadi persyaratan penting dalam mendukung dan mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Badan anggaran mendorong pemerintah daerah memperkuat pengembangan infrastruktur dan konektivitas wilayah. Karenanya, komunikasi dengan Pemerintah Provinsi NTB dan pemerintah pusat harus terjalin dengan baik, terutama untuk wilayah-wilayah yang kondisi jalan dan jembatannya masih kritis dan belum mantap, serta akses telekomunikasi dan internet sebagaimana target-target yang telah ditetapkan dalam RPJMD 2021-2026.

Terhadap Bidang Pendidikan, Badan Anggaran mengarahkan untuk meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Sumbawa sebagai salah satu modal utama pembangunan daerah, seperti pembiayaan P3K, penguatan PAUD, sekolah dan guru penggerak, implementasi kurikulum merdeka, integrasi ketersediaan layanan pendidikan, dan platform pembelajaran berbasis teknologi.

Badan Anggaran juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa (melalui Bupati Sumbawa) yang telah menerima Penghargaan Anugerah Istimewa Apresiasi GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) dalam rangka Hari Guru Nasional Tingkat Provinsi Tahun 2023, atas komitmen dan dukungan mendorong guru penggerak menjadi kepala sekolah atau pengawas.

Badan Anggaran sangat memahami pentingnya tata kelola lingkungan hidup, untuk itu mendorong peningkatan tata kelola lingkungan hidup, khususnya sektor kehutanan dengan memperkuat sinergitas dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat selaku pemangku kewenangan, terutama dalam penanggulangan aktivitas illegal logging dan illegal mining.

Baca Juga  Politisi NTB Menilai Zul-Rohmi Sangat Pas Memimpin NTB

Badan Anggaran mendorong peningkatan kualitas produk unggulan daerah dan ekonomi kreatif yang berdaya saing, sehingga menjamin peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui penyiapan kerangka regulasi maupun kelembagaan, terlebih saat ini telah berlaku secara online pelaksanaan pendaftaran badan hukum UMKM.

Badan Anggaran memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang berhasil mendapat apresiasi dan pengakuan oleh tim juri Indonesia Halal Industry Award (IHYA) Kementerian Perindustrian RI, kategori The Best Municipal/Regency Program, bersama BMT Insan Samawa menerima IHYA Award Kategori Best Halal Micro Financial dan Balai Kajian Halal Universitas Samawa yang menerima IHYA

Award kategori Best Academi Social Impact Inisiative. Terkait pembangunan Pengaman Tebing Sungai yang ada di Kabupaten Sumbawa, Badan Anggaran mendorong pemerintah daerah untuk selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi yakni dengan BNPB dan BWS NT1 dalam upaya rehabilitasi dan rekonstruksi dampak kerusakan banjir.

Terhadap kebutuhan air bersih masyarakat, Badan Anggaran mendorong pemerintah daerah melalui Perumdam Batulanteh agar terus berupaya melakukan inovasi dan terobosan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga kualitas dan kuantitas air PDAM terjamin dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. (SR)

mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *