Dapat Hibah Kosabangsa, UTS Gandeng UNRAM Berdayakan PKK dan Karang Taruna Desa Mbawi Dompu

oleh -659 Dilihat

DOMPU, samawarea.com (12 November 2023) – Program Kosabangsa (Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat) merupakan program pendanaan dari Ditjen Diktiristek melalui DRTPM (Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat) untuk menjembatani kolaborasi dalam pengembangan dan penerapan IPTEKS yang dihasilkan oleh perguruan tinggi untuk dapat dimanfaatkan bagi kebutuhan masyarakat. Program Kosabangsa memprioritaskan wilayah daerah tertinggal serta wilayah prioritas kemiskinan ekstrem yang kemudian disebut wilayah prioritas Kosabangsa.

Universitas Teknologi Sumbawa adalah salah satu tim pelaksana yang mendapatkan hibah kosabangsa dengan anggota tim, yakni Yuliadi, M.Kom (Program Studi Informatika), Koko Hermanto, S.Si., M.Sc  (Program Studi Teknik Industri) dan Nora Dery Sofya, S.Kom., M.M.Inov dari Program Studi Informatika.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini melibatkan 8 mahasiswa, yakni 4 mahasiswa dari Teknik Industri dan 4 mahasiswa dari Informatika. Luaran kegiatan hibah PKM Kosabangsa ini pengolahan ikan bandeng menjadi abon.

Selain itu, tim pelaksana akan mebuat mesin produksi abon, yakni mesin pengawet ikan, mesin pencacah (pelebur) ikan, mesin penggoreng dan mesi peniris minyak abon. Di samping produk abon ikan bandeng. Adapun luaran tambahannya, yakni bandeng fresto dan nuget ikan bandeng.
Skim pengabdian Kosabangsa berupa kegiatan kolaborasi perguruan tinggi (PT) pelaksana dengan perguruan tinggi pendamping.

Baca Juga  Respon Cepat Kebijakan Mendikbud, UTS Terapkan Program Kampus Merdeka   

Salah satu skim pengabdian Program Kosabangsa di Universitas Teknologi Sumbawa yaitu pengolahan ikan bandeng menjadi abon, fresto bandeng dan nugget bandeng. Kegiatan kosabangsa 2023 berlokasi di Desa Mbawi Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu NTB. Program Kosabangsa ini didampingi oleh tim Universitas Mataram yang nantinya akan memberikan pelatihan pengolahan ikan bandeng menjadi abon. fresto dan nugget.

Dalam pembinaan dan pendampingan ini mulai dari produksi dengan menggunakan mesin yang disiapkan tim pelaksana sampai dengan pengemasan yang siap dijual. Selain mesin produksi yang dipersiapkan oleh tim pelaksana dibuatkan portal online yang dimanfaatkan untuk memasarkan produk olahan bandeng secara online.

Berdasarkan survei pertama dilakukan oleh tim pelaksana yang diwakili oleh mahasiswa, desa Mbawi memiliki hasil tangkap dan budidaya ikan laut dan bandeng yang melimpah belum dilakukan pengolaan menjadi produk nilai tinggi.

Hasil tangkap dan budidaya ikan tersebut hanya dijual dipasar yang belum diolah. Saat surevei tim pelaksana dar perwakilan mahasiswa bertemu langsung dengan mitra sasaran Kelompok PKK dan Karang Taruan desa Mbawi mengucapkan terima kasih kepada Tim Pelaksana Kosabangsa UTS Sumbawa yang telah menunjuk desa Mbawi sebagai sasaran dan mitra kegiatan dalam pengolahan ikan bandeng yang bernialai tinggi.

Baca Juga  Prihatin Kondisi Milenial, Dewan Pendidikan Gelar Penguatan Pendidikan Karakter

Survei lanjutan yang kedua dilakukan Tim Pelaksana Kosabangsa UTS Sumbawa dari Dosen yang dilaksanakan tanggal 11 – 13 Oktober 2023 langsung diterima oleh Kepala Desa Mbawi selaku mitra kegiatan.

Tim Pelaksana Kosabangsa UTS Sumbawa dari Dosen menyampaikan kegiatan Kosabangsa pembinaan dan pendampingan dalam pengolahan hasil tangkan dan budiaya ikan khususnya ikan bandeng menjadi produk yng bernilai tinggi.

Kegiatan yang dilaksanakan ini nantinya dapat terus berjalan dan dilanjutkan oleh kedua mitra sasaran yakni Kelompok PKK dan Karang Taruna dengan memanfaat alat yang disediakan oleh Tim pelaksana dalam membuat produksi olahan ikan bandeng. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat peningkatan ekonomi masyarakat dan mitra sasaran yakni Kelompok PKK dan Karang Taruna Desa Mbawi.

Kemudian kegaiatan pembinaan dan pendampingan yang dilakukan Tim pelaksana meliputi aspek produksi, pengemasan produk, legalitas hingga pemasaran. Hal ini tercermin dalam pelaksanaan pelatihan prodksi, pengemasan, aspek legal dan pemasaran secara online untuk Kelompok PKK dan Kelompok Karang Taruna Desa Mbawi. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan pada minggu keempat bulan November 2023. (SR)

mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *