Ajakan Lindungi Serangga, Mahasiswa UTS Juarai Insect Day 2023

oleh -754 Dilihat
Salwa Ramadina Putri Utari mahasiswa Program Studi Pertanian Berkelanjutan UTS

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (3 November 2023) – Salwa Ramadina Putri Utari mahasiswa Program Studi Pertanian Berkelanjutan berhasil meraih juara 2 dalam kompetisi Karya Poster Ilmiah ringkat nasional. Kompetisi tersebut digelar dalam event Insect Day merupakan salah satu event terbesar dari Dapertemen Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada yang diadakan 2 tahun sekali.

Insect Day diselenggarakan pertama kali secara nasional pertama kali pada tahun 2015. Tahun ini adalah kelima kalinya penyelenggaraan Insect Day. Tujuan diselenggarakannya event ini untuk mengenalkan serangga ke masyarakat umum agar eksistensi serangga di alam tetap terjaga dan dapat dimanfaatkan di berbagai bidang. Pada tahun ini, Insect Day 2023 mengusung tema besar “Serangga, Manusia, dan Alam di Era Society 5.0”

Keberhasilan Salwa setelah Karya Poster Ilmiahnya ‘Kenali Getaran Lebah pada Bunga’ memikat hati tim penilai. “Poster yang saya buat menceritakan pentingnya peran lebah dalam lingkungan pertanian untuk proses penyerbukan bunga. Karena penyerbukan yang efektif dapat menghasilkan tanaman yang berkualitas. Terutama pada daerah Sumbawa yang merupakan produksi madu hutan terbesar di Indonesia,” tutur Salwa, belum lama ini.

Baca Juga  Pemilik Newmont Dukung Kebun Kurma UTS di Batu Alang

Lomba ini telah mengalami tahap penilaian sejak tanggal 14-15 Oktober 2023. Salwa terpilih sebagai salah satu dari tiga finalis terbaik dalam kompetisi Karya Poster Ilmiah dan berhasil melangkah ke babak final yang diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober 2023. Pada babak ini Salwa diharuskan menyampaikan presentasinya secara virtual melalui platform zoom, serta menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri.

Salwa melaksanakan sesi zoom dari Ruang Studio Rektorat, didampingi oleh kedua pembimbingnya, Alfassabiq Khairi, S.P., M.Sc. dan Fahmi Dwilaksono, S.Biotek., M.S.

“Saya menjadi peserta pertama yang menyajikan presentasi, saya menjelaskan hasil dari poster ilmiah yang saya susun selama periode kompetisi, dengan durasi presentasi selama 10 menit. Setelah kami mengikuti sesi ini kami mengikuti seminar nasional bersama narasumber utama, Prof. Ir. Edhi Martono, M.Sc., Ph.D. Beliau adalah seorang guru besar bidang Hama dan Toksikologi di Departemen Penyakit, Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM),” beber Salwa.

Baca Juga  IISBUD Sarea Lahirkan 45 Sarjana Baru, Miftah: Siap Berkonstribusi

Dalam seminar tersebut, membahas tentang pengembangan pestisida nabati dalam konteks penerapan pengelolaan hama terpadu. “Setelah diumumkan menjadi juara 2, perasaan saya sangat senang, penuh kebanggaan, dan tidak terduga bisa meraih juara dalam kompetisi ini, mengingat saya bisa dibilang masih mahasiswa baru,” ujarnya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Kaprodi Alfassabiq Khairi, yang total membimbingnya dalam mengikuti perlombaan ini serta Fahmi Dwilaksono yang selalu mensupport dalam perjalanannya. (SR)

rokok zul pilkada NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *