Soroti Menurunnya PAD, Fraksi Hanura Desak Pemda Maksimalkan Potensi Pendapatan

oleh -134 Dilihat

SAMAWAREA PARLEMENTARIA, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (30 Oktober 2023) – Fraksi Hanura Bersatu DPRD Kabupaten Sumbawa mengapresiasi pemerintah daerah yang mampu meningkatkan target pendapatan, yang semula Rp 1,97 triliun bertambah 1,44 persen dari target yang ditetapkan sebelumnya.

Namun Fraksi Hanura Bersatu mempertanyakan peningkatan target pendapatan tersebut tidak dibarengi dengan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) yang justru mengalami penurunan.

Sekretaris Fraksi Hanura, Cecep Lisbano S.IP., M.Si belum lama ini meminta pemerintah daerah memaksimalkan seluruh potensi daerah yang dapat menopang pendapatan asli daerah.

Kemudian di sektor belanja daerah, yang semula direncanakan sebesar Rp 2,04 Triliun, bertambah 1,33 persen, Fraksi Hanura meminta pemerintah daerah untuk lebih ketat mengawasi belanja tersebut, agar tepat sasaran dan bermanfaat bagi Tau dan Tana Samawa.

Baca Juga  Gotong Royong untuk Pembentukan KSR

Hanura memberikan beberapa catatan penting untuk dilaksanakan pemerntah daerah. Pertama meminta pemerintah daerah untuk mereinventarisasi semua potensi yang menjadi peluang pendapatan daerah. Salah satunya peningkatan peran BUMD-BUMD guna mengembangkan sektor ekonomi masyarakat, sehingga mampu memberikan daya manfaat yang besar bagi masyarakat Sumbawa.

Kedua, Fraksi Hanura Bersatu mendukung penuh pemerintah daerah melalui dinas terkait upaya menekan angka kasus stunting di Kabupaten Sumbawa. Fraksi Hanura meminta pemerintah daerah jangan lengah terhadap kasus tumbuh kerdil ini.

Seperti diketahui ada lebih 10 lokus stunting di Kabupaten Sumbawa. Sejak rentang 2021 hingga 2022 Pemerintah daerah sudah mampu menurunkan 0,28 % kasus, dan berharap ke depan mampu menekan angka kasus stunting.

Ketiga, terkait sarana dan prasarana jalan khususnya di turunan Lingkungan Raberas, Hanura meminta pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk memasang pengaman bahu jalan (sisi bagian tebing jalan) dan lampu penerangan jalan. Hal ini mengingat di lokasi tersebut rawan kecelakaan terutama pada malam hari. Selain kondisi pengaman bahu jalan yang tidak memadai, di sekitar lokasi tersebut dijadikan tempat pembuangan sampah.

Baca Juga  Drs H Arasy Muhkan, 30 Tahun Mengabdi untuk Sumbawa

Untuk itu Fraksi Hanura meminta pemerintah daerah melalui dinas terkait segera melakukan tindakan yang tepat untuk menertibkannya. Selain itu, juga meminta pemerintah daerah segera memperbaiki jalan di Desa Marente, yang mengalami rusak berat.

Terakhir, Fraksi Hanura Bersatu meminta pemerintah daerah lebih mempercepat realisasi bantuan sosial kepada masyarakat. “Tunjukan bahwa pemerintah daerah adalah pekerja rakyat, berikanlah pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, agar masyarakat bangga pada pemimpinnya,” tandasnya. (SR)

 

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *