Mahasiswa KKL UNSA di Pukat Utan Ciptakan Teh Bulu Jagung

oleh -293 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (8 September 2022)–Teh bulu jagung berhasil diciptakan Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Universitas Samawa (UNSA) Angkatan XXIV Kelompok 19, Desa Pukat Kecamatan Utan Tahun 2022. Dalam menghasilkan olahan jagung menjadi minuman herbal ini, mahasiswa KKL UNSA tersebut menggandeng Kelompok Usaha Buin Muncar.

Dipilihnya olahan ini, karena bahan bakunya melimpah. Pasalnya, jagung (zea mays L) merupakan salah satu komoditi unggulan di Kabupaten Sumbawa khususnya Desa Pukat.

Ketua Kelompok Usaha Buin Muncar, Ibu Alia, menjelaskan teh bulu jagung dapat dibuat dari semua jenis jagung. Namun, setelah melakukan banyak ujicoba jagung yang memiliki citarasa yang pas dikolaborasikan dengan daun mint dan bunga rosella adalah jenis jagung manis.

Baca Juga  Segera, MTQ Tingkat Kabupaten Sumbawa 2016

’’Setelah melakukan banyak percobaan, jagung manis adalah jenis jagung yang paling cocok dijadikan teh,’’ ungkapnya.

Selain ikut memproduksi, Kelompok 19 KKL UNSA juga membantu pembuatan branding dan pemasaran produk agar menjadi lebih modern. ’’Bekerja sama dengan Kelompok 19 KKL UNSA kami mengharapkan produk ini dapat berkembang dan menjadi produk khas dari Desa Pukat,’’ Ibu Alia. (SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *