Lagi 8 PDP Positif, Pasien Covid-19 di NTB Menjadi 33 Orang

oleh -1 views

MATARAM, samawarea.com (11/4/2020)

Setiap hari pasien positif Covid-19 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terus bertambah. Pada hari ini, Sabtu, 11 April 2020, telah menerima konfirmasi 8 orang PDP (Pasien Dalam Pengawasan) positif Covid-19. Ini terungkap dari hasil pemeriksaan swab Laboratorium Biomedis RSUD Provinsi NTB. Sebelum, Jumat kemarin, tercatat 25 positif Covid, dengan adanya tambahan 8 orang kini menjadi 33 orang.

Sekda NTB selaku Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Provinsi Nusa Tenggara Barat Drs. H. Lalu Gita Aridi, M.Si dalam keterangan persnya, Sabtu malam ini menyebutkan 8 PDP Covid ini terdiri dari 2 PDP positif yang sudah diumumkan pada Website Gugus Tugas Nasional, dan 6 PDP positif yang belum diumumkan pusat namun telah mendapat notifikasi untuk dapat diumumkan, sehingga dapat ditangani secara lebih cepat dan tepat. Pasien positif itu adalah Pasien nomor 26 berinisial SR, laki-laki, usia 55 tahun, warga Selong Kabupaten Lombok Timur. Pasien pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19 dalam 14 hari sebelum sakit. Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD R. Soedjono Selong dengan kondisi baik. Pasien nomor 27 adalah seorang bayi berumur 2 tahun berinisial HW, laki-laki asal Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat. Pasien dan keluarganya tidak ada riwayat bepergian ke daerah terjangkit Covid-19 dan tidak juga ada kontak dengan pasien Covid-19. Saat ini bayi tersebut dirawat di Ruang Isolasi RSUD Provinsi NTB dengan kondisi baik. Pasien nomor 28 adalah seorang perempuan berinisial Ny. CT, usia 41 tahun warga Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19 dalam 14 hari sebelum sakit tapi memiliki riwayat kontak erat dengan Pasien nomor 04. Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD Kota Mataram dengan kondisi baik. Berikutnya Pasien nomor 29, seorang gadis remaja berinisial FYT berusia 15 tahun, warga Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Pasien ini juga memiliki riwayat kontak erat dengan Pasien nomor 04. Kondisi baik dan dirawat di Ruang  Isolasi RSUD Kota Mataram. Pasien nomor 30, bernama Ny. RA, perempuan, usia 51 tahun, warga Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat. Pasien memiliki riwayat kontak erat dengan Pasien nomor 04. Saat ini menjalani karantina di Wisma  Nusantara dengan kondisi baik. Pasien nomor 31 juga seorang gadis remaja berinisial DAR dan berusia 15 tahun, asal Monjok Kota Mataram. Pasien memiliki kontak erat dengan Pasien nomor 21. Kondisinya di Ruang Isolasi

Baca Juga  Zul-Rohmi Merangsek Masuk Benteng Pertahanan Suhaili-Amin

RSUD Kota Mataram membaik. Pasien nomor 32, berinisial FNH, gadis remaja berusia 17 tahun asal Monjok Kota Mataram. Pasien memiliki kontak erat dengan Pasien nomor 21. Kini dirawat di Ruang Isolasi RSUD Kota Mataram dalam keadaan baik. Terakhir, Pasien nomor 33, berinisial Ny. PTS, perempuan, usia 43 tahun, asal Monjok Kota Mataram. Pasien ini terjangkit karena memiliki kontak erat dengan Pasien nomor 21.

Baca juga: Bertambah Satu Lagi Pasien Positif Covid di NTB Sembuh

Memperhatikan peningkatan jumlah PDP yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini, Sekda Gita Ariadi, meminta masyarakat tidak perlu panik. Terlebih semua kondisi pasien yang dirawat saat ini menunjukkan perkembangan yang sangat baik dan stabil, tinggal menunggu dua kali tes swab laboratorium negatif sehingga dapat  dipulangkan ke rumah masing-masing. “Semakin cepat hasil laboratorium diketahui maka semakin cepat pula kita bisa mengambil langkah yang tepat dan sesuai untuk keselamatan bersama, termasuk upaya penelusuran (contact tracing) untuk menghindari penularan lebih lanjut,” ujarnya.

Hingga kini, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 128 orang dengan perincian 52 PDP masih dalam pengawasan, 76 PDP selesai pengawasan/sembuh, dan 9 orang PDP meninggal. Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlahnya 3.658 orang, terdiri dari 1.570 orang masih dalam pemantauan dan 2.088 orang selesai pemantauan. Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) yaitu orang yang kontak dengan pasien positif Covid-19 namun tanpa gejala sebanyak 9.259 orang, terdiri dari 6.923 orang masih dalam pemantauan dan 2.336 orang selesai pemantauan. Sedangkan Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) yaitu orang yang pernah melakukan perjalanan dari daerah terjangkit Covid-19 sebanyak 19.263 orang, yang masih menjalani karantina sebanyak 11.752 orang, dan selesai menjalani masa karantina 14 hari

Baca Juga  BRI Diminta Terus Bantu dan Dampingi Pelaku UMKM di NTB

7.511 orang.

Ia berharap masyarakat turut serta secara aktif mencegah penularan penyakit Covid-19 dengan cara disiplin melaksanakan physical distancing, bekerja di rumah, beribadah di rumah, belajar di rumah, dan kegiatan-kegiatan produktif di rumah masing-masing. Jika terpaksa keluar rumah agar selalu menggunakan masker. Untuk menghindari informasi yang tidak benar tentang Covid-19, masyarakat juga diharapkan mendapatkan informasi dari sumber-sumber resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pemerintah Provinsi menyediakan laman resmi Satgas Pemerintah Provinsi NTB Penanganan Covid-19 http://corona.ntbprov.go.id, Layanan Provincial Call Centre (PCC) Penanganan Penyebaran Pandemik Covid-19 di NTB 081802118119. (SR)

 

iklan bapenda