Dikbud Kenalkan K-13 untuk Pengelola PKBM dan Tutor Paket B dan C 

oleh -56 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS DIKBUD KABUPATEN SUMBAWA  

SUMBAWA BESAR, SR (22/7/2019)

Kurikulum 2013 (K-13) tidak hanya diterapkan di sekolah formal. Pendidikan non formal pun kurikulum tersebut juga harus diterapkan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Terkait hal itu, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengeluarkan kebijakan agar satuan pendidikan penyelenggara pendidikan kesetaraan menerapkan K-13. Atas dasar itulah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Seksi Kurikulum dan Penilaian PAUD dan PNF, menggelar pelatihan pengembangan Kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan bagi pengelola PKBM dan Tutor Paket B dan C.

Dalam kegiatan yang dipusatkan di Hotel Cirebon belum lama ini, Kasi Kurikulum dan Penilaian PAUD dan PNF Bidang PAUD dan PNF Dinas Dikbud Sumbawa, Ida Farida, S.Sos, M.Acc, saat menyampaikan laporannya mengatakan, pelatihan ini diadakan untuk dua angkatan dengan sasaran 100 peserta.  Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H Sahril, SPd, dan Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Drs Umar, M.Si, dengan peserta sekitar 50 orang terdiri dari ketua/kepala satuan pendidikan penyelenggara pendidikan kesetaraan Paket B dan C.

Pelatihan yang berlangsung dari tanggal 19—23 Juli ini, juga diberikan untuk Tutor sebanyak 50 orang. “Ketua/kepala satuan pendidikan kesetaraan sengaja kita libatkan di pelatihan ini, supaya mereka juga mengetahui apa itu K-13, sebab ini baru pertamakali diterapkan,” ujarnya.

Baca Juga  Singkirkan Tim Hebat, Tim Cold Storage NgebUTS Juara Nasional Kompetisi Energy Access (Re)Charge

Pelatihan ini lanjutnya, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pengelola satuan pendidikan kesetaraan dalam penyusunan program pembelajaran pendidikan kesetaraan yang sesuai dengan tuntunan K-13. Dari pelatihan ini kata Ida, diharapkan terjadi peningkatan pemahaman terhadap arah kebijakan Dinas Dikbud Sumbawa, serta peserta dapat mengimplementasikan K-13 di pendidikan kesetaraan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H Sahril, SPd, saat membuka secara resmi pelatihan tersebut berharap, pelatihan ini dapat diikuti dengan serius oleh seluruh peserta. Keseriusan dalam mengikuti pelatihan sangat diperlukan agar ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dengan baik di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) masing-masing. Kadis Dikbud juga mengingatkan agar lembaga PKBM dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi akreditasi, tentunya dengan tetap menerapkan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Untuk diketahui dalam pelatihan ini, panitia telah menyiapkan sejumlah nara sumber untuk membimbing peserta selama kegiatan berlangsung. Mereka adalah, Drs Fauzi Eko Pranyono, Karwo, SPd, MPd, Wisnu Suprihadi, SPd, Fatmawati, SPd, Sudarmin, SPd, MPd serta satu utusan dari BP-PAUD. (SR)

 

bankntb BPSK

No More Posts Available.

No more pages to load.