Lembah Perung “Surga” Bagi Pemancing

oleh -279 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (15/09/2018)

Lembah Perung, Dusun Perung, Desa Kerekeh, Kecamatan Unter Iwis, Kabupaten Sumbawa, kini banyak dilirik masyarakat. Pasalnya lokasi yang sudah diplot sebagai salah satu destinasi wisata tersebut menjadi primadona para pemancing. Selain tersedia embung dengan potensi ikan yang lumayan padat, suasananya pun sangat nyaman dan indah, karena didukung panorama yang menarik dan alami. Tidak heran hampir setiap hari Lembah Perung selalu dipadati para pemancing.

Suara gemericik air terdengar berirama. Hamparan hijau tergambar jelas ketika memasuki gerbang “Lembah Perung”. Pemandangan ini menandakan bahwa lokasi setempat subur, dengan rembesan air yang cukup besar. Karena sejak lama Lembah Perung merupakan lahan produktif dengan hasil pertanian terutama padi, tiga kali panen. Selain itu di Lembah Perung terdapat dua mata air yang masih terjaga. Namanya mata ai “Selaki” (mata air laki-laki) dan mata ai Sowai (mata air perempuan). Kesegaran semakin terasa karena di sekeliling lembah ini juga terdapat sungai yang cukup deras dan jernih. Ini menjadi salah satu hulu sungai di dalam Kota Sumbawa. Di sebelah selatan lembah berdiri kokoh tebing yang menjulang tinggi. Diperkirakan tingginya mencapai 70 meter semakin menambah keindahan alamnya. Di bawah tebing inilah embung yang menjadi syurga para pemancing.

Baca Juga  Setelah Motor Listrik, Kini Anak NTB Ciptakan Mobil Listrik

Untuk mencapai lokasi mancing ini sangat mudah. Dari pusat kota hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 5 menit. Jalannya mulus dan beraspal licin layaknya jalan tol. Hanya ketika memasuki Dusun Perung sebagian beraspal sebagian lagi pengerasan. Segala jenis kendaraan bisa mencapai area itu, termasuk mobil mewah sekelas Pajero. Meski berada di dusun tapi area tersebut masuk dalam kawasan pengembangan kota. Jalan tembus sampai ke titik embung sudah dibuka dan ditata. Ketika memasuki kawasan embung, mata akan menikmati hamparan kebun sayur dengan berbagai tanaman hortikultura, setelahnya hutan jati yang tampak apik dan bisa direkomendasikan untuk camping ground. 50 meter sebelum mencapai embung, sejumlah baruga dengan warna warni yang menarik, menjadi tempat rehat melepas penat. Di dekatnya dua kolam ikan yang dikelilingi seratusan pohon kelapa. Yang jelas Lembah Perung, solusi dalam menghilangkan stres, galau dan cara efektif untuk trauma healing. (JEN/SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *