Kadis Kominfo KSB Buka Bimtek Pendalaman Aplikasi SRIKANDI untuk Tingkatkan Tata Kelola Pemerintahan

oleh -662 Dilihat

Sumbawa Barat Samawarea.com ( 26/3/2024)

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Ir. Abdul Muis, M.M., membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendalaman penerapan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SRIKANDI) bagi Aparatur Sipil Negara Lingkup Dinas Kominfo KSB pada Selasa (26/03/2024).

Dalam acara tersebut, hadir Sekretaris Dinas Kominfo KSB, Firman Dwiputra, S.Sos., Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika, Ahmad Hidayat, S.STP., serta Kepala Bidang Statistik dan Persandian, Laela Amrullah, S.E., M.M., bersama jajaran ASN pada Dinas Kominfo KSB.

Ir. Abdul Muis, M.M. menyampaikan bahwa penerapan Aplikasi SRIKANDI dapat meningkatkan kualitas pengelolaan arsip guna mewujudkan good governance dan mendukung tata kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Baca Juga  Tiba di Sumbawa, Jamaah Haji Kloter 9 Selamat dan Sehat

Aplikasi SRIKANDI, sebagai inovasi percepatan pelayanan publik melalui transformasi digital pengarsipan, telah mendapatkan dukungan dari 5 Kementerian/Lembaga termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Siber dan Sandi Negara, serta Arsip Nasional Republik Indonesia.

Kadis Kominfo KSB menekankan bahwa di NTB, Pemerintah Provinsi NTB serta Kota Mataram dan KSB telah menerapkan Aplikasi SRIKANDI, mempermudah proses pengarsipan seperti pembuatan, pengiriman, penerimaan, dan penjadwalan naskah dinas.

Ir. Abdul Muis, M.M. juga menjelaskan bahwa saat ini, baru 16 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di KSB telah menerapkan Aplikasi SRIKANDI, termasuk Diskominfo, untuk proses penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE). Harapannya, Aplikasi SRIKANDI dapat diterapkan dengan maksimal oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lingkup Pemerintah KSB.

Baca Juga  Wanita Kembar Tiga di Kaki Gunung Rinjani Minta Gubernur Lanjutkan Program 1000 Cendikia

Dalam penerapan Aplikasi Srikandi ini Dinas Kominfo siap melakukan kerja kolaborasi dengan Dinas Arpusda KSB, agar seluruh OPD bisa menerapkan Aplikasi Srikandi di KSB, guna mendukung percepatan pelayanan kepada masyarakat.

Ditutup dengan harapan agar kegiatan ini dapat meningkatkan efektivitas dan transparansi tata kelola pemerintahan, Ir. Abdul Muis, M.M. menyatakan bahwa ilmu yang diperoleh dari Bimtek ini diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam bidang kearsipan di Dinas kominfo.

pilkada mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *