MBKM Fest 2024, Wujud Konsistensi UTS Ciptakan Solusi dan Lulusan Terbaik

oleh -455 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (27 Januari 2024) – Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) sukses menggelar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Fest 2024 belum lama ini. Kegiatan yang dipusatkan di di Aula Diponegoro, Sumbawa ini menjadi penanda berakhirnya berbagai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UTS pada semester berjalan.

Acara ini berlangsung meriah dengan menyuguhkan berbagai produk dan inovasi yang telah dihasilkan para Elang Muda UTS melalui 6 Program utama MBKM UTS. Yaitu, Program Merdeka, Eureka, UTS Mengajar, Pertukaran Mahasiswa, UTS Preneurship, UTS Mengajar, serta Magang & Independen. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 sesi, pagi dan siang, serta sore hingga malam hari.

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D menjelaskan tentang bagaimana Program MBKM ini sangat berdampak bagi mahasiswa dan masyarakat. “Dengan pelaksanaan MBKM, membantu meningkatkan kualitas lulusan, baik dari segi hard skills maupun soft skills.

Melalui keenam program MBKM UTS para mahasiswa kita lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, tentu dengan harapan bahwa kita menyiapkan lulusan terbaik, yang nantinya dapat menjadi pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Berbagai produk dan inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa kami, semoga dapat memberi manfaat serta menjadi solusi bagi masyarakat,” paparnya.

Rektor menyebutkan capaian MBKM UTS yang telah dilakukan sejak 2020 hingga 2023. Program Merdeka sebagai salah satu program yang didesain untuk membantu pengembangan masyarakat desa, sebagai kontribusi nyata UTS dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga  Pesan Bang Zul untuk Alumni Ponpes di Era Globalisasi

Dari program ini mahasiswa belajar untuk tumbuh dalam bermasyarakat, menggali potensi desa, menggagas perubahan, dan belajar menyelesaikan permasalahan kompleks (complex problem solving) di tengah masyarakat. Tercatat 1991 jumlah mahasiswa terlibat, 115 artikel populer, 134 video dokumentasi, 108 jumlah desa mitra kerja sama, 134 laporan akhir, 3 hak kekayaan intelektual, 377 produk inovasi, dan 16 prototipe.

UTS Magang dan Studi Independen adalah salah satu program untuk mewadahi mahasiswa dalam mengasah soft skill dan hard skill mereka dalam kegiatan magang atau studi independen. Capaian Program Magang dan Studi Independen ini melibatkan 306 mahasiswa, hasilkan 320 artikel populer, 171 jumlah mitra kerja sama, 306 laporan akhir, dan 306 video dokumentasi.

Kemudian Program EUREKA (Eksistensi Riset dan Inovasi Merdeka) merupakan salah satu program MBKM yang dikembangkan untuk mewadahi mahasiswa yang memiliki ketertarikan melakukan riset, serta ingin berkarir sebagai peneliti maupun akademisi. Capaiannya, 9 mahasiswa terlibat, 2 protipe tercipta, 4 artikel populer, 9 video dokumentasi, dan 9 laporan akhir.

Selanjutnya, UTS Mengajar merupakan program MBKM Mandiri yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar di luar kampus guna meningkatkan soft skills, memperluas kolaborasi dan meningkatkan pemahaman tentang pendidikan. Capaiannya, melibatkan 327 mahasiswa, 40 jumlah mitra kerja sama, 40 artikel populer,  40 video dokumentasi, dan 40 laporan akhir.

Baca Juga  JaWAra Internet Sehat NTB Inisiasi “Tode Samawa Makin Cakap Digital”

UTS Preneurship mendorong dan mewadahi mahasiswa UTS untuk mengembangkan minat berwirausaha secara terbimbing. Melalui UTS Preneurship, mahasiswa diharapkan mampu berinovasi dan berkontribusi dalam menciptakan ekonomi kreatif di bagian timur Indonesia. Capaiannya, melibatkan 28 mahasiswa, 3 mitra kerja sama, 17 artikel populer, 9 video dokumentasi, 17 laporan akhir, dan 18 bidang usaha.

Berikutnya Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Program MBKM Flagship dan Mandiri yang memungkinkan mahasiswa belajar pada perguruan tinggi di Indonesia (PTS/PTN). PMM memberikan kesempatan kepada mahasiswa meningkatkan kompetensi, wawasan tentang keberagaman budaya serta membangun jejaring kerja sama antar perguruan tinggi. Dengan capaian, 18 mahasiswa terlibat, 8 jumlah mitra kerja sama, 8 artikel populer, dan 3 video dokumentasi.

Kegiatan MBKM Fest 2024 juga digelar dalam rangka HUT Kabupaten Sumbawa ke 65. Hadir mewakili Bupati Sumbawa, Lalu Suharmaji Kertawijaya, ST selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah. Ratusan pengunjung memadati tempat kegiatan. Banyak dari pengunjung tidak hanya mencoba, tapi juga membeli berbagai produk yang dipamerkan dalam acara ini. (SR)

 

mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *