Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat Dukung Penuh Pelaksanaan Program JKN

oleh -890 Dilihat

TALIWANG, samawarea.com (20 November 2023) – Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah banyak membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas tanpa diskriminasi. Oleh karena itu keberlangsungan Program JKN yang termasuk dalam program strategis nasional tentunya perlu sinergitas dan dukungan dari para pemangku kepentingan untuk mendorong dan melakukan tugas sesuai fungsi dan wewenang masing-masing.

Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat, Titin Herawati Utara menyatakan bahwa dirinya sangat mendukung penuh dengan kehadiran Program JKN. Menurutnya, program yang diselenggarakan BPJS Kesehatan memberikan manfaat yang sangat besar, bukan hanya untuk masyarakat menengah kebawah saja, tetapi dirinya yang sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) juga sangat merasakan manfaatnya ketika ada keluhan terhadap kesehatan yang memerlukan bantuan pembiayaan.

Menurutnya, melalui Program JKN, manfaatnya sangat besar dan menjadi kebutuhan dasar diperlukan oleh masyarakat.

“Program JKN ini sebagaimana yang disampaikan oleh pemerintah sangatlah bagus dan bermanfaat, maka diharapkan semua masyarakat Indonesia khususnya bagi warga Kabupaten Sumbawa Barat untuk mendaftarkan diri menjadi Peserta JKN karena akan terasa manfaatnya apabila nanti sakit dan membutuhkan pembiayaan,” ujar Titin, Kamis (16/11).

Ia menambahkan, saat ini perkembangan teknologi semakin pesat dan kita harus bisa menyeimbangkan itu semua dan mengikuti perkembangan yang ada. Semuanya harus serba digital dan itu tentunya sangat memudahkan kita dalam mendapatkan pelayanan kesehatan terutama yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN.

Baca Juga  Bupati dan DPRD Bantu Bangun Sel Tahanan Polres Sumbawa

“Saya sangat senang dengan inovasi yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan yaitu dengan adanya Aplikasi Mobile JKN. Selain mudah, fiturnya pun sangat banyak sekali sehingga peserta dengan sangat mudah dan cepat dalam pengurusan administrasi dan mendapatkan informasi melalui aplikasi Mobile JKN. Apalagi dengan kondisi saat ini, kalau hendak berobat ke fasilitas Kesehatan tidak perlu lama-lama mengantre, cukup mengakses melalui aplikasi Mobile JKN, sudah dapat mengambil nomor antrean dari rumah dan juga dapat memastikan kamar rawat inap yang tersedia di fasilitas kesehatan tersebut. Itu amat sangat memudahkan kita dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Titin mengatakan, bahwa dirinya sangat mendukung Program JKN ini agar terus berjalan dan bisa mempertahan pelayanan terbaiknya. Ia juga mengatakan bahwa Program JKN ini adalah untuk seluruh masyarakat Indonesia serta tidak ada yang harus dibeda-bedakan dalam segi pelayanannya.

“Harapan kita bersama, semoga pelaksanaan program pemerintah ini dapat terus ditingkatkan. Terutama dalam hal pemberian informasi terhadap kewajiban peserta, manfaat apa saja yang didapat dan prosedur untuk menggunakannya karena mungkin masih ada sebagian masyarakat yang belum mengerti akan alur pelayanan terkait dengan hak dan kewajiban peserta,” tutupnya.

Baca Juga  Coffe Morning, Kodim 1628 KSB dan Wartawan Tingkatkan Kemitraan

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima, Tati Haryati Denawati mengatakan pemerataan fasilitas kesehatan sedang dilaksanakan di seluruh wilayah dalam rangka transformasi kesehatan dan transformasi mutu layanan kesehatan, terutama bagi daerah-daerah pesisir dan daerah yang letak geografisnya jauh dari perkotaan. Tujuannya memudahkan akses layanan bagi masyarakat bisa lebih dekat.

Menurutnya, melalui transformasi mutu layanan akan berdampak banyak perubahan yang lebih baik di seluruh fasilitas kesehatan, baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

“Dengan transformasi mutu layanan masyarakat akan memperoleh layanan yang lebih baik dari manfaat Program JKN, bukan hanya kemudahan akses layanan, namun kualitas layanan juga perlu untuk ditingkatkan agar masyarakat benar-benar mearasakan manfaat dari program pemerintah yang sangat baik ini,” tutup Dhena. (*)

pilkada mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *