Bupati Sumbawa Barat Raih Dua Penghargaan Prestisius dari Kemenkes dan Kemendagri

oleh -184 Dilihat

Sumbawa Barat Samawarea.com ( 29/11/2022)

Pada tanggal 28 Desember 2023, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin., MM, meraih dua penghargaan bergengsi sekaligus dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Acara penghargaan, Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Tahun 2023, digelar di Kempinski Grand Ballroom Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

Kabupaten Sumbawa Barat menjadi satu-satunya di Provinsi NTB yang memperoleh kedua penghargaan tersebut. Penghargaan STBM dengan kategori Paripurna menandai komitmen tinggi daerah ini dalam pemicuan dan partisipasi masyarakat di bidang higiene dan sanitasi.

Pemberian penghargaan ini merupakan hasil dari upaya Kabupaten Sumbawa Barat dalam memenuhi syarat stringent, termasuk penilaian dokumen, verifikasi lapangan, presentasi, dan kunjungan oleh tim pusat. Kabupaten ini juga berhasil memenuhi kriteria 9 tatanan sebagai Kabupaten Kota Sehat, mencakup kehidupan masyarakat, permukiman, pendidikan, pasar, pariwisata, transportasi, perkantoran, perlindungan sosial, serta pencegahan dan penanganan bencana.

Baca Juga  Kasus Gigitan Anjing Gila Meningkat, Sumbawa Barat Ditetapkan KLB Rabies

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, menekankan bahwa penghargaan ini mencerminkan implementasi aksi dalam menciptakan lingkungan aman, nyaman, dan sehat secara holistic. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga mengilustrasikan urgensi penanganan kesehatan di kota dan desa, mengingat pertumbuhan urbanisasi yang signifikan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajjir Efendi menegaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan piagam Ottawa Charter Promoting of Health, dengan penekanan pada kebijakan “Kesehatan dalam semua kebijakan”. Bupati Sumbawa Barat, menerima penghargaan Swasti Saba dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan penghargaan STBM dari Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugraha.

Baca Juga  Inilah Tiga Calon Sekda Sumbawa Barat

Prestasi ini tidak hanya membanggakan Kabupaten Sumbawa Barat tetapi juga menjadi inspirasi untuk daerah lain dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dan sanitasi.(hen)

mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *