Ratusan Siswa SD dan SMP Berlomba Dalam Festival Tunas Bahasa Ibu

oleh -651 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (18 Oktober 2023) – Sebanyak 352 siswa SD dan SMP di Kabupaten Sumbawa berpartisipasi dalam Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) dan Pameran Temporer tahun 2023, di UPT Museum Daerah, Selasa (17 Oktober 2023). Para siswa ini mengikuti beragam mata lomba meliputi Batuter, Sakeco, Badede, Pidato, Balawas, Baca Puisi, Menulis Satera Jontal, Menulis Cerpen dan Basaketir.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sumbawa ini bertema “Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, Kuasai Bahasa Asing (Trigatra Bangun Bahasa)” dan berlangsung pada tanggal 17-21 Oktober 2023.

Kepala Dinas Dikbud Sumbawa, Dr. M. Ikhsan Syafitri, M.Si., menyampaikan kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) bertujuan untuk lebih mendekatkan museum publik dengan membangun dan menyediakan akses seluas-luasnya pelaksanaan aktifitas kebudayaan di daerah. Selain itu menanamkan kecintaan anak-anak terhadap warisan luhur kebudayaan daerah, sekaligus penopang pemajuan kebudayaan nasional.

Baca Juga  Jaga Generasi Bangsa, Jangan Layu Sebelum Berkembang

Sementara Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd.,M.Pd mengajak semua pihak untuk menjadikan acara ini sebagai wadah mempererat tali persaudaraan, berbagi pengetahuan, dan mengapresiasi keberagaman budaya.

“Semoga melalui kegiatan ini, kita bisa melihat dan merasakan bagaimana para seniman dan pengrajin lokal kita menggambarkan nilai-nilai budaya dalam karya-karya mereka. Dengan cara ini, kita dapat mengapresiasi keragaman seni dan keterampilan yang ada di Kabupaten Sumbawa,” harapnya.

Ia juga berharap FTBI dan Pameran Temporer 2023 ini menjadi momen yang membangun semangat positif dan memberikan motivasi untuk terus berkontribusi dalam melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya dan bahasa ibu. (SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *