Sumbawa Dinilai Pusat Sebagai Daerah Sangat Responsif Kendalikan Inflasi

oleh -70 Dilihat

SAMAWAREA PARLEMENTARIA, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (17 April 2023)–Tahun 2022 merupakan tahun awal implementasi visi-misi dan program kerja Pemerintahan Mo-Novi secara utuh. Ikhtiar bersama yang telah direncanakan, dibahas dan ditetapkan mulai dilaksanakan dalam kerangka Program Kerja Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Sumbawa Tahun 2021-2026.

Demikian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Sumbawa Tahun 2022, yang disampaikan Wakil Bupati, Hj. Dewi Noviany S.Pd., M.Pd pada Sidang Paripurna DPRD Sumbawa, Senin (17/4/2023).

Di hadapan Ketua DPRD, Abdul Rafiq selaku pimpinan siding didampingi Wakil Ketua DPRD, Drs. Mochamad Ansori dan Nanang Nasiruddin S.AP., M.M.Inov, Wabup melanjutkan bahwa, di sepanjang tahun 2022 tersebut, pemerintah daerah, DPRD beserta seluruh elemen daerah berjuang bangkit untuk pulih dari dampak-dampak pandemi Covid-19.

“Kita bersama telah melewati perjuangan panjang dalam memulihkan kondisi kesehatan masyarakat, mengembalikan kembali layanan pendidikan, membangkitkan kembali geliat ekonomi dan serta berbagai upaya yang tak kalah pentingnya untuk mengembalikan tatanan kehidupan yang normal,” ujarnya.

Baca Juga  172 TPS Blankspot dan Lemah Sinyal, Pemkab Sumbawa Surati Menkominfo  

Meski covid telah berakhir tepat 30 Desember 2022 ungkap Wabup, pada triwulan akhir 2022, kembali dihadapkan pada ancaman inflasi akibat kenaikan BBM dan harga barang kebutuhan pokok yang tidak dapat dihindari.

BPS melaporkan, inflasi pada Desember 2022 tercatat 5,51 persen mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2021 sebesar 1,87% serta lebih tinggi dari target inflasi yang direncanakan pemerintah tahun anggaran 2023 sebesar 3,0 ± 1%.

rokok

Atas kondisi tersebut, pada 5 September 2022, Menteri Keuangan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 134/pmk.07/2022 tentang belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi tahun anggaran 2022. Pemerintah Kabupaten Sumbawa pun bergerak cepat melakukan langkah-langkah untuk memenuhi ketentuan tersebut.

Baca Juga  Hipotesis Pilkada NTB yang Tak Terbukti ?

Berdasarkan hasil evaluasi Kementerian Dalam Negeri melalui surat nomor 800.1.14/075/IJ tanggal 10 Januari 2023, Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu daerah yang dinilai responsif dan memenuhi enam upaya konkrit pengendalian inflasi.

Secara lengkap upaya-upaya yang telah dilakukan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah sepanjang tahun 2022 telah dideskripsikan dalam narasi dan angka-angka indicator kinerja sebagaimana tercantum dalam laporan LKPJ 2022 yang menjadi satu kesatuan utuh dalam pidato laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah ini.

Terakhir, Wabup Sumbawa menyampaikan apresiasi kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Sumbawa yang telah bekerjasama dan memelihara hubungan baik dengan pemkab sesuai fungsi masing-masing. Wabup juga memberikan apresiasi kepada para pimpinan parpol dan seluruh masyarakat Sumbawa yang telah bersama-sama berkontribusi positif dalam penyelenggaraan pemerintahan dan kemajuan pembangunan daerah. (SR)

 

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *