Sumbawa Tuan Rumah Muda Mengabdi 2023, Ketua DPRD: Ini Ajang Promosi Daerah

oleh -156 Dilihat

SAMAWAREA PARLEMENTARIA, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA 

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (27 Februari 2023)—Kabupaten Sumbawa menjadi tuan rumah pelaksanaan Muda Mengabdi 2023. Kegiatan berskala nasional yang akan digelar pada 4 hingga 11 Maret 2023 mendatang ini merupakan sebuah program pengabdian yang diinisiasi Sasambo Youth Generation (SYG) bekerja sama dengan Youth Ranger Indonesia (YRI) dan Maju Indonesia (MI).

Program tersebut akan melibatkan pemuda Indonesia untuk pengabdian nyata di berbagai aspek atau bidang keahlian. Demikian diungkapkan Fadillah Ahmad Nur selaku Penasehat Kepanitiaan yang juga Ketua Sasambo Youth Generation saat bertandang ke Kantor DPRD Kabupaten Sumbawa Senin  (27/2).

Didampingi Ustadz Syaikhu, Ketua SYG tersebut disambut hangat oleh Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq bersama Sekretaris DPRD dan staf ahli DPRD. Disebutkan Fadilah, peserta Program Muda Mengabdi Sumbawa 2023 ini dibuka untuk umum khususnya pemuda dan mahasiswa dari seluruh Indonesia.

“Di awal pendaftaran sudah ada 200 orang tapi kami lakukan seleksi. Hari ini kita akan mengumumkan pesertanya dan melakukan konfirmasi kesiapan kedatangan peserta,” jelas Pemuda yang pernah juara 1 Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 2021 ini.

Baca Juga  Persiapan Rehab Sirkuit Samota, SEG dan Carsten akan Drop Alat Berat

Ia berharap kegiatan ini mendapat dukungan seluruh stakeholder di Sumbawa termasuk Ketua DPRD “Dalam program pengabdian ini kami mengangkat beberapa tema yaitu pendidikan, pariwisata, ekonomi  dan sosial, lingkungan dan kesehatan.

Penghobbi traveling dan menulis kelahiran Sumbawa Tahun 1998 ini, mengaku bersama rekan-rekannya sudah membersamai masyarakat di Desa Sempe Kecamatan Moyo Hulu dalam rangka observasi dan mengidentifikasi masalah dan potensi yang ada. Dari hasil observasi dan identifikasi ini nantinya akan melahirkan solusi.

rokok

“Kegiatan ini layaknya seperti KKN atau pengabdian pada umumnya, tetapi uniknya pesertanya dari lintas universitas di Indonesia sekaligus mengangkat nama Sumbawa agar dikenal di tingkat nasional,” imbuhnya, seraya menyebutkan ini kegiatan perdana yang dilaksanakan di Sumbawa.

Baca Juga  Dua Skema Kepemimpinan Strategis Menuju Sumbawa Berkemajuan

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq menyatakan siap mendukung program tersebut karena dinilai sangat bermanfaat bagi daerah terutama para pemuda.

“Kita memberikan ruang kepada adik-adik kita mengembangkan potensi dirinya untuk mengabdi di tengah masyarakat, sehingga pemuda-pemudi kita memiliki pengalaman besar dalam rangka meningkatkan soft skill dan life skill, mengasah kemampuan adaptasi diri dengan menjalin hubungan baik dengan partisipan dari daerah lain, itulah poin pentingnya,” ujar Ketua PDIP Sumbawa ini.

Selain itu Kabupaten Sumbawa tempat dilaksanakannya kegiatan, lanjut Rafiq, mendapatkan multiplier effect, karena akan dikenal luas dengan berbagai potensi yang dimiliki.

“Pemerintah daerah perlu menyambut momen yang sangat strategis ini untuk kita persiapkan bersama-sama. Kami bersyukur inisiatif pemuda Sumbawa melaksanakan kegiatan ini. Kepada Pemda juga perlu hadir memberikan sambutan hangat dan meriah bagi tamu-tamu kita dari seluruh Indonesia,” pungkasnya. (SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *