Didi dan Adi Naik Jabatan, Zainal, Azis, Haris dan Sahabuddin Bertukar Tempat

oleh -285 Dilihat
foto: Prokopim Sumbawa

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (29 November 2022)–Siapa yang mengisi jabatan eselon II melalui hasil Pansel, akhirnya terjawab. Hal ini ditandai dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 8 orang pejabat oleh Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, Selasa (29/11/2022) pagi.

Hadir menyaksikan prosesi tersebut di antaranya Wakil Bupati Sumbawa, anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah, Asisten Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah.

Sejumlah pejabat yang dilantik ini adalah Drs. Zainal Abidin menduduki jabatan baru sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa bertukar tempat dengan Drs. Abdul Aziz, M.Si yang dimutasi menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan.

Kemudian Abdul Haris, S.Sos sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja bertukar posisi dengan H. Sahabuddin, S.Sos., M.Si yang dimutasi menjadi Kepala Dinas Pemadam Kebakaran. Berikutnya Riki Trisnadi, SE., M.Si kini menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Jabatan Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan yang ditinggalkannya dibiarkan lowong.

Baca Juga  Jatuh dari Tebing, Pemancing Hilang Ditelan Ombak

Selanjutnya, E.S. Adi Nusantara, S.Sos., MT mengisi jabatan Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumbawa. Adi Nusantara sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris di instansi tersebut.

Demikian dengan Didi Hermansyah SE juga mengisi jabatan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sumbawa. Didi juga sebelumnya Sekretaris di badan setempat.

Sementara, jabatan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa yang lowong setelah ditinggalkan Ir. Dirmawan yang dipromosi menjabat Asisten III Sekda Sumbawa, kini telah diisi Rahmat Hidayat, S.Pi., MT yang sebelumnya Kabid di dinas tersebut.

“ASN yang dilantik pada hari ini semata-mata dinilai dari faktor kompetensi dan profesionalitas, bukan karena faktor kedekatan atau hal-hal lain yang bersifat subjektif,” tegas Haji Mo’—sapaan Bupati Sumbawa.

Bupati menegaskan bahwa seluruh pejabat yang dilantik merupakan ASN terpilih, yang dinilai dari berbagai aspek yang dibutuhkan untuk mengemban tugas dan tanggung jawab dalam jabatan yang diamanahkan.

Baca Juga  Seleksi Calon Dirut Perumdam Batu Lanteh Diisukan Hanya Formalitas  

Hal ini lanjut Bupati, merupakan perwujudan dari “merit system” bahwa kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur atau kondisi kecacatan.

Bupati menyebutkan, terkait “merit system” ini, dari 534 Kabupaten/kota di Indonesia, Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu dari 24 kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan dari Kemenpan RB. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan mengimplementasikan merit system dengan baik dalam pemerintahan.

Di akhir sambutannya, Bupati menyampaikan progres pembangunan Bendungan Beringin Sila yang telah dilakukan sejak Januari 2019 lalu, dengan anggaran sekitar Rp 1,7 trilyun. Saat ini pembangunannya telah hampir rampung, dan pada 22 Desember 2022 mendatang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. (SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *