Bupati Sumbawa Sebut Bibit R7 Solusi Tingkatkan Produksi Jagung Sumbawa

oleh -231 Dilihat

SUMBAWA—Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah mengatakan penguasaan lahan di daerah ini relative cukup luas, namun produktivitas hasil pertanian masih belum maksimal. Hal itu disebabkan banyak faktor, salah satunya adalah kurang baiknya kualitas bibit yang ditanam.

Karena itu Ia mengapresiasi kehadiran varietas jagung R7 oleh PT Restu Agro Pro Jayamas, yang dinilai telah memberikan bukti mampu meningkatkan hasil produksi jagung petani Sumbawa. Bupati mengaku cukup kaget karena mampu menghasilkan 14 ton hingga 16 ton per hektar.

“Bisa-bisa petani jagung di Sumbawa kaya-kaya semua,” kata Bupati saat mengikuti kegiatan Panen Raya Jagung R7 di Kawasan Samota, yang diprakarsai PT. Agro Pro Jaya Mas yang merupakan produsen produk bibit jagung hibrida, belum lama ini. Hadir mendampingi Bupati, Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Sumbawa, Ir. Ni Wayan Rusmawati, M.Si, Anggota Komisi II DPRD Sumbawa Bunardi, Direktur PT Restu Agung Wijaya Emas, Deddy Supriadi, Manager Area Nusra (Bali-NTB-NTT) Muhammad Alkausar dan Drs. H. Arief M.Si Direktur CV Arifah Afifah selaku Distributor Tunggal Benih Jagung Hibrida R7 wilayah Sumbawa–KSB.

Baca Juga  Partai Berkarya Tak Lolos Verifikasi, Nasib Rambo Ditentukan Desember 2022

Bupati menyakini dengan hasil panen jagung di Kabupaten Sumbawa seperti ini, benar-benar dapat meningkatkan kesejahteraan para petani. Karena itu, Ia mendorong para produsen bibit lokal agar terus berinovasi guna meningkatkan mutu bibit hasil produksi, sehingga dapat memaksimalkan hasil panen petani. Hal itu secara tidak langsung juga akan mengurangi ketergantungan petani terhadap bibit impor.

Di bagian lain Bupati juga menyinggung potensi limbah jagung yang dihasilkan daerah ini cukup besar.  Bupati menyampaikan saat ini tengah mengupayakan pendirian pabrik pakan ternak di Kabupaten Sumbawa. Dengan keberadaan pabrik ini kedepan tak hanya bijinya, namun batang dan daun jagung juga dapat bernilai ekonomi. (SR)

 

rokok
rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *