Ciptakan Wirausaha Muda, FEB UTS Gelar “Young Entrepreneur X Creative Entrepreneurship” 

oleh -231 Dilihat

SUMBAWA–Mengelola keuangan sangat diperlukan bagi wirausaha muda yang membangun suatu bisnis maupun usaha sejak dari nol. Karena itu sejak dini, para milenial wajib memiliki literasi keuangan yang baik untuk melakukan perencanaan keuangannya baik keuangan pribadi maupun bisnis.

Saat ini para milenial masih kurang pemahaman tentang bagaimana mengelola keuangan yang baik maupun bagaimana menumbuhkan kompetensi diri sebagai wirausaha serta penerapan manajemen strategi itu sendiri untuk menumbuhkan jiwa wirausaha.

Hal tersebut yang dirasakan para siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang merupakan pelopor bagi wirausaha-wirausaha muda. Sekolah menengah kejuruan selalu identik dengan pengetahuan mereka di bidang-bidang khusus yang sesuai dengan passion mereka. Lulusan SMK diharapkan dapat menjadi wirausaha muda yang memiliki talent dan skill serta kemampuan yang bersaing di bidangnya.

Demi memberikan pengetahuan dasar tersebut, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) melalui dosen-dosennya memberikan sosialisasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat sebagai salah satu tridharma perguruan tinggi. Sosialisasi tersebut bertema “Young Entrepreneur X Creative Entrepreneurship” kepada siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Sumbawa Besar.

Kepala Hubungan Masyarakat SMK Negeri 2 Sumbawa Besar, Indra, S.Pd., M.Pd., sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat oleh UTS. Ia mengakui bahwa ajang itu menjadi wadah bagi beberapa siswanya yang ingin mengenal dosen-dosen dari UTS karena adanya keinginan melanjutkan kuliah di kampus kaki Bukit Olat Maras tersebut.

Baca Juga  XL Dukung Pembentukan IDPRO

Indra juga mengapresiasi tema yang diusung pemateri pada kegiatan ini karena tidak sedikit dari siswa yang ingin bekerja sebagai pengusaha muda setelah lulus sekolah. Untuk itu mereka sangat membutuhkan bekal ilmu bisnis sejak dini.

Sementara itu Kepala Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UTS, Muhammad Nur Fietroh, SE., M.Sc memaparkan tentang program beasiswa OVTE (One Village Ten Engineer) yang disediakan kampusnya. Program ini untuk mewujudkan 1 Desa 10 Insinyur.

rokok

Beasiswa tersebut diberikan kepada para generasi muda di desa untuk menimba ilmu di Kampus UTS sehingga mampu menjadi sumber daya manusia unggul dan diharapkan dapat mengembangkan sekaligus menyelesaikan berbagai permasalahan di desanya sesuai dengan potensinya masing-masing.

Terkait dengan kegiatan “Young Entrepreneur X Creative Entrepreneurship”, Ia berharap dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan, bagaimana mengelola keuangan bagi wirausaha, karakteristik diri dalam berwirausaha dan juga manajemen strategi dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship.

Seorang wirausaha menurutnya, adalah yang mampu mengorganisasi dan mengelola bisnisnya serta berani mengambil resiko untuk mendapatkan keuntungan yang pada akhirnya menjadi seorang manajer strategi.

Baca Juga  Harga Gabah Anjlok, Petani KSB Datangi Distan dan Ketahanan Pangan

“Contohnya, bagaimana McDonald’s menciptakan suatu inovasi berdasarkan tiga tipe inovasi yaitu inovasi produk, inovasi proses dan inovasi strategi dalam beberapa level inovasi, breakthrought, substantial, dan incremental. Hal ini menjadikan McDonald’s menjadi perusahaan yang berkembang pesat dengan beragam inovasi,” paparnya.

Serli Oktapiani, SE., MM., salah satu pemateri, mengatakan bahwa pengelolaan keuangan harus dilakukan dari diri sendiri. Ketika berhasil mengelola keuangan pribadi, maka akan mempengaruhi bagaimana mengelola keuangan bisnis maupun usaha yang didirikan. Selain itu Serli menjelaskan bagaimana keuangan yang sehat.

“Seperti halnya tubuh anda, dompet anda pun punya potensi untuk sakit seperti kondisi dimana uang selalu tidak cukup, uang selalu habis untuk bayar utang, tidak punya tabungan walaupun sudah bekerja bertahun-bertahun, gali lubang tutup lubang, selalu berutang ketika kebutuhan mendadak,” paparnya.

Sementara pamteri lainnya, Hartini, SE., MM., mengulas beberapa karakteristik ataupun jiwa enterpreneurship yang harus dimiliki siswa sebagaimana karakteristik yang dimiliki oleh seorang wirausaha. Hartini juga memberikan kiat-kiat tentang membangun suatu bisnis dan apa saja yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis. (SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *