Mahasiswa UTS Lolos Pendanaan Program Talenta Inovasi Indonesia 2021

oleh -108 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (9 November 2021)

Salah seorang mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Rekayasa Sistem, Universitas Teknologi Sumbawa berhasil lolos hibah pendanaan program Talenta Inovasi Indonesia.

Lolosnya mahasiswa bernama Wira Febrian, setelah mengambil skema proposal riset bertema desain/prototype produk inovasi yang siap diterapkan di masyarakat dengan judul ‘Inovasi Mesin Pengering Ikan Teri Otomatis Menggunakan Tenaga Solar Cell”.

Target dari Prototipe mesin pengering ikan teri ini merupakan produk inovasi mesin pengering ramah lingkungan dengan memanfaatkan tenaga matahari sebagai sumber energi yang selanjutnya dikonversi menjadi energi listrik oleh panel cell dalam meningkatkan produktivitas dan nilai jual dalam proses pengeringan ikan teri.

Lolosnya pendanaan proposal milik mahasiswa yang akrab disapa Wira ini, tidak lepas dari peran dosen pembimbing Mietra Anggara, MT. Sebagai Dosen Teknik Mesin yang dipanggil Mietra ini banyak memberikan masukan dalam penyempurnaan proposal tersebut.

Baca Juga  UNSA Usulkan Boal Menjadi Desa Budaya     

Selain itu juga Mietra memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk selalu aktif dan berprestasi dalam memanfaatkan kesempatan dalam mengembangkan diri menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif serta bermanfaat bagi sesama.

Untuk diketahui, Program penguatan Talenta Inovasi Indonesia merupakan salah satu program yang sebelumnya dikelola oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) melalui Direktorat Jendral Penguatan Inovasi sejak tahun 2020.

Mulai tahun 2021, pengelolanya dilaksanakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang dikenal dengan program Talenta Inovasi Indonesia. Dalam rangka meningkatkan daya saing suatu bangsa, inovasi adalah hal yang sangat penting. Suatu inovasi dimulai dari skala kecil atau skala laboratorium, dan berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut dalam meningkatkan daya saing Bangsa Indonesia.

Baca Juga  Pramuka Bhayangkara dan PMR SMAN 1 Plampang Turun ke Jalan

Tujuan terselenggaranya kegiatan program Talenta Inovasi Indonesia ini adalah mendukung lahirnya ide kreatif dan inovatif cemerlang dari para mahasiswa yang dapat membantu menyelesaikan masalah sekaligus mengharumkan nama Bangsa Indonesia. Selain itu dapat menunjang percepatan penyelesaian studi mahasiswa di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (SR)

 

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *