BPTP NTB Turun ke Sumbawa Bantu Petani Atasi Hama

oleh -123 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (23/9/2020)

Tim dari Perlindungan Tanaman Pertanian (BPTP) NTB mendatangi kelompok tani di Kabupaten Sumbawa. Kunjungan ini untuk memberikan pemahaman dan tata cara penggunaan pestisida guna membasmi hama yang menyerang lahan pertanian. Tim tersebut turun ke Kelompok Tani Gunung Setia II di wilayah Kelurahan Brang Biji, Kecamatan Sumbawa, Rabu (23/9). BPTP NTB turun bersama tim penyuluh pertanian setempat. Selain memberikan pemahaman dan cara penggunaan pestisida yang tepat, tim juga memberikan bantuan berupa pestisida kepada kelompok tani tersebut.

Ketua Tim Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) Pangan, Irwan Hidayat mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah gerakan pengendalian untuk menekan pengembangan OPT. “Ini merupakan program stimulan. Tidak bisa dilaksanakan pada semua kelompok tani. Hanya dilaksanakan di daerah endemis OPT,” ujar Irwan.

Baca Juga  Sasar Bulog dan Supermarket, Stok Bahan Pangan di NTB Aman

Diungkapkan, untuk di Kabupaten Sumbawa ada dua endemis OPT. Yakni di Kecamatan Unter Iwes dan Kecamatan Sumbawa. Ia mengajak para petani mampu melakukan pengendalian OPT. Sebab, petani sendiri bertugas untuk melakukan pengendalian hama. Sementara pihaknya bertugas untuk membantu petani dalam pengendalian hama. “Kami juga memberikan bantuan pestisida. Untuk cara penggunaannya langsung praktik di lapangan sehingga petani bisa lebih cepat paham,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Gunung Setia II, Mustafa T mengaku sangat terbantu dengan kehadiran tim BPTP NTB. Selain diberikan bantuan, pihaknya juga diajarkan cara yang tepat dalam penggunaan pestisida. Kedepan, pihaknya berharap kegiatan seperti ini bisa kembali dilaksanakan. (SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *