Sehari, TAGANA dan Disos Sumbawa Hujani Disinfektan di Belasan Titik

oleh -9 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS SOSIAL KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (11/4/2020)

Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dan Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa kembali melanjutkan upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19), Sabtu (11/4). Sebanyak belasan titik di berbagai tempat disemprot Tim TAGANA menggunakan cairan disinfektan di sepanjang hari ini. Tindakan ini dilakukan untuk memenuhi permintaan masyarakat yang mampu dipenuhi secara bertahap oleh organisasi kemanusiaan tersebut.

Ketua TAGANA Sumbawa, Dedi Susanto S.Pd.I yang dihubungi di sela-sela aksinya ini mengakui, permintaan masyarakat untuk melakukan penyemprotan disinfektan sangat tinggi. Dalam memenuhinya, pihaknya melakukan penyemprotan secara bertahap. Sudah puluhan tempat disemprot. Pada Sabtu (11/4) hari ini, kembali belasan titik dihujani disinfektan. Di antaranya di wilayah Kelurahan Uma Sima meliputi Gang Mangga lll dan lV, Panti Asuhan Muhammadiyah, Kos-kosan, pemukiman dan gang-gang lainnya. Berlanjut ke Hotel Suci—yang dijadikan tempat melakukan karantina belasan Orang Dalam Pemantauan (ODP). Tim TAGANA berpindah ke wilayah Kelurahan Brang Bara melakukan penyemprotan di Taman Sahabat serta sebagian pemukiman warga. Tidak hanya di dalam Kota Sumbawa, Tim TAGANA memenuhi permintaan warga di wilayah kecamatan. Seperti di Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu, tepatnya di tiga dusun yaitu Dusun Melung, Dusun Sela dan Dusun Batu Tering. Penyemprotan dilakukan di masjid, Mushollah, Posyandu, PAUD, Kantor Desa dan pemukiman warga. “Penyemprotan disinfektan masih terus dilakukan sepanjang Virus Corona ini masih ada,” kata Dedi—akrab tokoh pemuda yang juga Juru Dakwah ini.

Baca Juga  Resmikan Renovasi Stadion Manahan, Presiden Berharap Siap Gelar Piala Dunia FIFA U20

Baca juga:  Tagana Terus Bergerak Cegah Corona Sasar Puluhan Lokasi

Namun pencegahan itu tidak sebatas penyemprotan disinfektan semata. Paling penting menurut Dedi, upaya pencegahan ini diekmbalikan dari kesadaran diri sendiri muali dengan mentaati himbauan pemerintah, yaitu tidak keluar rumah, menerapkan social distancing, menjaga kebersihan, berprilaku hidup sehat, mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer, menggunakan masker, dan menjauhi keramaian. (JEN/SR)

DPRD DPRD