Home / Ekonomi / Khawatir Virus Corona, CPMI Asal Sumbawa Minta Dipulangkan  

Khawatir Virus Corona, CPMI Asal Sumbawa Minta Dipulangkan  

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DISNAKERTRANS KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (31/3/2020)

Sejumlah Calon Pekerja Migran (CPMI) asal Kabupaten Sumbawa yang akan bekerja di luar negeri, akan segera dipulangkan. Saat ini CPMI tersebut masih berada di penampungan. Pemulangan mereka ini atas permintaan keluarga yang khawatir dengan mewabahnya Virus Corona atau Covid-19. Namun kepulangan para CPMI ini terkendala dengan pengembalian atau ganti rugi uang pinjaman kepada pihak perusahaan, saat mereka pertamakali direkrut. Untuk menyelesaikan persoalan ini, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa, melakukan mediasi menghadirkan perwakilan perusahaan, APJATI dan pihak keluarga CPMI, belum lama ini. Mediasi itu juga dihadiri Anggota DPRD Sumbawa, Aan Hanu Cakita.

Usai memimpin pertemuan itu, Kadisnakertrans Sumbawa, Dr. M. Ikhsan Safitri M.Sc, mengakui adanya bahwa ada beberapa CPMI asal Sumbawa yang berada di penampungan di BLK-LN Sidoarjo. Jumlahnya 7 orang, namun yang mengajukan permohonan pemulangan hanya 4 orang. Namun demikian pihaknya akan memberikan perlakuan sama agar semuanya dipulangkan. Sebelum mereka dipulangkan, pihak perusahaan meminta pihak keluarga mengganti uang pinjaman CPMI tersebut. Dalam pertemuan itu ditemukan solusi dan disepakati. Perusahaan tidak meminta pengembalian pinjaman sebesar Rp 3 juta plus biaya tiket. Perusahaan hanya meminta pihak keluarga CPMI membayar Rp 2,5 juta. “Alhamdulillah itu disepakati kedua belah pihak,” kata Doktor Can—akrab pejabat ramah ini disapa.

Semakin cepat pengembalian uang itu, sambung Doktor Can, kian cepat juga perusahaan memulangkan mereka. Pasalnya perusahaan juga tidak ingin CPMI ini berlama-lama di BLK-LN Sidoarjo karena cukup berisiko. “Perusahaan justru ingin mereka cepat dipulangkan agar tanggung jawab perusahaan berkurang,” tandasnya.

Untuk diketahui, pemulangan CPMI ini juga terkait dengan surat Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, menindaklajuti surat Deputi Penempatan BP2MI perihal pengosongan fasilitas penampungan dan Balai Latihan Kerja Luar Negeri  (BLKLN)bagi CPMI. Ini sebagai upaya pencegahan Covid-19 di lingkungan sekitar penampungan dan BLKLN sesuai dengan Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19.

Informasi yang diperoleh SAMAWAREA, Selasa (31/3), sebanyak 33 orang CPMI tiba di Sumbawa. sebelumnya mereka direkrut PT Jafa Insan Corpora dan ditempatkan di BLK—LN Kebumen, Jawa Tengah. Mereka dipulangkan untuk sementara dan akan diberangkatkan kembali ketika kondisi kembali aman dari virus corona. (JEN/SR)

Lihat Juga

12 Orang Sembuh dari Covid, Paling Banyak Kota Mataram

MATARAM, samawarea.com (30/5/2020) Selain 42 kasus positif baru, juga terdapat 12 pasien yang sembuh dari ...

One comment

  1. Asal jangan pulang sebagai carrier.. kasian keluarga di rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *