Hadapi Tantangan Dunia Kerja Era 4.0, UTS Siapkan Lulusan Terbaik

oleh -76 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (18/9/2019)

Career Depelovment Center (CDC) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) memberikan pembekalan kepada 300 lebih mahasiswa calon wisudawan dan wisudawati UTS dengan berbagai program pembelajaran dan pelatihan, belum lama ini. Ini dilakukan agar mereka siap menghadapi tantangan dunia kerja 4.0. Rangkaian program pembekalan tersebut diisi dengan sharing knowledge, yang bekerjasama dengan berbagai instansi atau lembaga terkait. Sharing knowledge atau pembekalan ini menghadirkan beberapa praktisi dari BRI Cabang Sumbawa, Bank BNI Cabang Sumbawa, perusahaan Tambang Amman Mineral, PLN dan RSUD Sumbawa.

Pada hari pertama kegiatan, panitia menghadirkan pemateri dari Tim BRI Cabang Sumbawa, PKKS Mataram dan Denpasar yaitu, Yudi Suhadi Saputra, Tegar Adi Wicaksono dan Rama Sugandhi, M.Psi, Psikolog. Hari kedua pemateri dari Tim BNI Cabang Sumbawa dan Kanwil Denpasar yakni, I Putu Astrawan dan Agus Indrawan. Hari ketiga dari Tim AMNT, Irfan, P.Si MBA, Sunarto Suwito, M.Sc dan Bq. Idayani. Dan hari terakhir, panitia dari Tim PLN dan RSUD Sumbawa, Galih Febriantoro, Hamzah dan Ilmiyati Zain, M.Psi, Psikolog.

Baca Juga  Aplikasi Bioteknologi untuk Pengembangan Tanaman Resisten Terhadap Hama dan Penyakit

Adapun macam-macam materi yang didapatkan para calon wisudawan pada kegiatan tersebut antara lain tentang Etos Kerja Industri di Era 4.0, Tips Membuat Riwayat Hidup saat akan melamar kerja serta cara menghadapi Job Interview.

Seperti yang disampaikan Manager Training Amman Mineral (Sunarto Suwito, M.Sc) tentang Etos Kerja Industri. Dalam paparannya, bahwa pentingnya sebuah paradigma yang dapat mempengaruhi budaya dan etos kerja. Paradigma seseorang dipengaruhi oleh pengalaman (experience), kebiasaan-kebiasaan (habits), knowledge/skill (Pengetahuan atau Ketrampilan) dan lingkungan (environment). “Sebagai mahasiswa yang nanti lulus akan menghadapi dunia kerja, maka paradigmanya juga harus berubah dimana posisi kita bukan sebagai mahasiwa lagi. Dan hal ini biasanya menjadi tantangan awal pada saat memasuki dunia kerja,” tuturnya.

Baca Juga  IISBUD SAREA dan DISPUSSIP NTB Konsep Kerjasama Telusuri Benda Bersejarah

Rektor Universitas Teknologi Sumbawa, Dr. Andy Tirta, M.Sc menyampaikan terima kasih kepada semua narasumber yang telah membagikan ilmunya kepada para calon wisudawan UTS. Menurut Andy Tirta, kegiatan tersebut merupakan kesempatan yang luar biasa dan harus dimanfaatkan oleh para calon wisudawan untuk mendapatkan ilmu langsung dari para praktisi yang mungkin belum tentu didapat dari ruang kuliah. “Melalui kegiatan ini kami harapkan agar lulusan UTS mendapatkan bekal yang cukup untuk menghadapi tahap selanjutnya yakni menghadapi dunia kerja, sehingga nantinya mampu bersaing dengan lulusan-lulusan universitas terkemuka di Indonesia,” ungkapnya. (SR)

rokok
rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *