369 JCH Sumbawa Laksanakan Manasik

oleh -87 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (11/07/2018)

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa melaksanakan kegiatan pelatihan dan bimbingan manasik haji sebagai persiapan pelepasan Jama’ah Calon Haji (JCH) Tahun 1439 Hijriyah/2018 Masehi. Manasik Haji yang diikuti oleh seluruh Jama’ah Calon Haji se-Kabupaten Sumbawa ini dilaksanakan Rabu (11/7) pagi, di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa Besar.

Bupati Sumbawa dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Sumbawa, Drs. H. Didi Darsani A.Pt. menyatakan bahwa dalam melakukan ibadah haji, seorang muslim harus memahami hal-hal yang terkait dengan ketentuan-ketentuan dalam berhaji. Seperti syarat haji, rukun haji, wajib haji, larangan haji, tata cara haji, serta sunnah-sunnah haji. Hal tersebut sangatlah penting agar dalam pelaksanaan haji nantinya berjalan dengan lancar dan segala amalan ibadah haji diterima Allah SWT. Lebih jauh dijelaskan, para jama’ah calon haji hendaknya menjauhi tindakan-tindakan yang jelas-jelas dilarang oleh Pemerintah Arab Saudi. Para jama’ah calon haji diharapkan mengkonsentrasikan dirinya hanya untuk beribadah yang merupakan tujuan utama di tanah suci. Para jama’ah harus memahami bahwa perjalanannya ke tanah suci bukanlah perjalanan biasa. Karena itu senantiasa menjaga kondisi fisik dan mental dengan baik agar prosesi ibadah haji nantinya dapat dilaksanakan sesuai dengan tuntunan. “Melalui kegiatan pelatihan dan bimbingan manasik haji ini, saya berharap agar para jama’ah calon haji dapat memanfaatkan momen ini untuk memahami secara utuh berbagai hal mengenai ibadah haji,” ujarnya.

Baca Juga  Gubernur: Bangun Beringin Sila Jangan Lupakan Pengusaha Lokal

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa dalam laporannya yang diwakili Kepala Tata Usaha, Marzuki S.Pd. menyampaikan bahwa jama’ah calon haji Kabupaten Sumbawa untuk tahun 2018 berjumlah 369 orang. Keberangkatan jama’ah calon haji Kabupaten Sumbawa terbagi menjadi dua kali pemberangkatan. Pemberangkatan pertama, 285 JCH yang termasuk dalam kloter 6, pada tanggal 24 Juli 2018. Untuk pemberangkatan kedua, 84 JCH di kloter 8, tanggal 27 Juli 2018. Rencana pemberangkatan untuk jama’ah calon haji Kabupaten Sumbawa akan dilepas di Halaman Kantor Bupati Sumbawa menuju Asrama Haji Mataram. Turut hadir pada manasik tersebut, Ketua DPRD Sumbawa yang juga termasuk sebagai JCH tahun 2018, perwakilan dari Polres Sumbawa, Perwakilan dari Kodim 1607 Sumbawa, Kepala Kantor Imigrasi Sumbawa Besar serta jajaran dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa. (SR)

 

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *