Hasil Verifikasi Hanya 5.264 Septictank di KSB Terpasang Tahun ini

oleh -85 Dilihat
Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR KSB, Abdul Aziz ST., M.Eng

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS PUPR SUMBAWA BARAT BIDANG CIPTA KARYA

SUMBAWA BARAT, SR (31/5/2015)

Hasil verifikasi data penerima manfaat Septictank oleh pemerintah pusat tercatat hanya 5.264 yang memenuhi syarat untuk dibangun tahun 2018 ini. Angka ini lebih sedikit dari jumlah perjanjian hibah yaitu 6.850, atau berkurang sekitar 1.586. “Sisanya ini akan diakomodir tahun depan,” ungkap Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum KSB, Abdul Aziz ST,. M.Eng, Rabu (30/5).

Tahapan saat ini sambung Azis, tinggal menunggu perintah pemasangan dari pemerintah pusat. Pasalnya ini berkaitan dengan anggaran, tapi informasi terakhir surat perintah pemasangan akan dikeluarkan selesai lebaran. Ditanya apakah tetap optimis bisa dikerjakan 100% seperti tahun lalu, Aziz mengiyakannya. Sebab tahun lalu di bulan puasa data penerima manfaat belum rampung dan pengerjaannya juga agak telat tapi bisa diselesaikan. Apalagi saat ini di bulan puasa data sudah rampung dan kemungkinan pekerjaannya lebih cepat dari tahun kemarin. Pola pengerjaannya masih menggunakan pola sebelumnya yakni memanfaatkan jasa agen-agen PDPGR yang dari pengalamannya sangat efektif. “Meski ada kekurangan tapi alhamdulillah bisa selesai, tahun ini akan ada sosialisasi sekaligus pelatihan kepada para agen cara pemasangan Septictank yang baik dan benar supaya tidak bekerja dua kali. Saat ini juga ada penambahan dalam pemasangan yaitu penambahan pemberat beton di atasnnya, karena di bagian pesisir sering septictanknya mengapung sehingga harus ada pemberat,” jelasnya.

Baca Juga  Peserta SKB Lupa Bawa Masker dan Sarung Tangan, ini Tindakan SMKN 3 Sumbawa

Lanjut Azis, apabila 5.264 unit ini selesai dilaksanakan dan bisa mencapai diatas 50% apalagi 100%, maka KSB akan kembali mendapat bantuan yang sama tahun depan. “Sehingga saya menargetkan seluruh masyarakat yang belum terealisasi septictanknya akan tuntas 100% di tahun 2019 mendatang,” tandasnya. (HEN/SR)

 

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *