TP PKK NTB Gelar Rakor Prognas Deteksi Dini Kanker Serviks

oleh -85 Dilihat

MATARAM, SR (06/09/2016)

“Kanker serviks, pembunuh perempuan nomor satu di dunia dan di Indonesia. Jika gejala kanker ini bisa terdeteksi dari awal, prosedur pengobatannya pun lebih mudah, sederhana dan gratis,” demikian Ketua TP PKK Provinsi NTB Hj. Erica Zainul Majdi saat membuka Rapat Koordinasi Program Nasional (Prognas) Percepatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan dan Pemeriksaan Deteksi Dini Kanker Payudara di Aula TP PKK Provinsi NTB, Senin (5/9) kemarin.

Sesuai Instruksi Ibu Negara, TP PKK menggandeng organisasi wanita terus menggalakkan kegiatan mengajak ibu-ibu untuk melakukan tes IVA. Karena itu, Hj. Erica mengharapkan ibu-ibu dan Kader PKK yang hadir pada saat itu agar tidak lelah, tidak bosan menyampaikan tentang bahaya kanker pada perempuan ini ke perempuan-perempuan yang ada di lingkungan dan komunitas dimanapun mereka berinteraksi. Karena ia yakin dengan memiliki pengetahuan, kemampuan dan saluran untuk menyampaikan informasi tentang kegiatan ini, menjadi salah satu upaya untuk mencegah adanya penderita penyakit berbahaya tersebut.

Baca Juga  Peresmian Lotte Grosir, Sinyal Pulihnya Ekonomi di Mataram

PKK NTB 1PKK NTB 2Ketua TP PKK NTB ini juga meminta secara langsung kepada Dr. Arsastra yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan untuk merumuskan cara agar kiranya para lelaki di NTB ikut berperan aktif dalam program deteksi dini kanker ini. “Saya minta para bapak-bapak juga diikutsertakan dalam kegiatan, kalau perlu Dinas Kesehatan mengajak ibu-ibu untuk Roadshow khusus memberi pencerahan kepada bapak-bapak. Para lelaki di NTB ini harus sadar bahwa kesehatan istri dan anak-anak itu juga tergantung dari bagaimana seorang bapak bisa berperilaku hidup sehat,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, istri Gubernur ini menceritakan sedikit pengalamannya tentang kebijakan baru untuk seluruh ibu hamil saat memeriksa kandungan diwajibkan oleh dokter kandungan untuk melakukan tes IVA, karena salah satu kunci kesehatan janin dan bayi itu juga dengan memastikan para calon ibu bebas dari kanker serviks. (RIZ/SR)

 

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *