Karantina Pertanian Sumbawa Gali Potensi ‘Emas Hijau’ dari Batu Rotok

oleh -293 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (21 September 2023) – Vanilli, tanaman yang dimanfaatkan serbuk dari buah sebagai bahan tambahan aroma untuk masakan ini kian menjanjikan rupiah. Mendapat julukan “Emas Hijau” karena memiliki nilai jual tinggi, komoditas ini memiliki nama latin Vanilla Planifolia.

Kepala Karantina Pertanian Sumbawa, IBP Raka Ariana kepada media ini, Kamis (21/9) mengungkapkan Pulau Sumbawa merupakan salah satu potensi sentra pengembangan budidaya vanili untuk wilayah Nusa Tengga Barat, selain ketersedian lahan yang cukup luas dan agroklimat yang cocok dalam pengembanganya.

“Hal ini terbukti beberapa waktu lalu kami melakukan pendampingan pada beberapa kelompok tani vanili di wilayah Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu dan sekarang di Kabupaten Sumbawa,” terang Raka.

Baca Juga  Tepat 17 Agustus, RS Darurat Covid-19 di NTB Diresmikan

“Harga yang tinggi di pasar internasional atau ekspor, menjadi penyemangat bagi petani untuk lebih berproduktif, berdaya saing memenuhi kebutuhan pasar global dengan kualitas terbaik,” tambah Raka.

Seolah tidak ingin kalah dengan vanili dari Pulau Lombok yang telah merambah ekspor, Senin (18/09) Karantina Pertanian Sumbawa mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimteks) tentang budidaya vanili organik.

Menghadirkan narasumber Ari Naung dari Karantina Mataram, Mohit eksportir vanili dan Supiandi dari Bank Indonesia, Bimteks ini mengambil tema “Vanili Organik Sumbawa Berstandar Dunia”.

Pada kegiatan tersebut para petani diajak praktek langsung di lapangan, tentang tata cara budidaya vanili secara organik agar ilmu yang didapat lebih maskimal. (SR)

rokok
rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *