Bang Zul: MXGP Bukan Sekedar Balap, Tapi Mengenalkan Sumbawa—Lombok untuk Masyarakat Dunia

oleh -241 Dilihat
MXGP, salah satu event dunia yang digelar di Samota

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (26 September 2023) – NTB baru saja memborong dua penghargaan dunia dari Ferderation International de Motocyclisme (FIM) Motocross World Championship, atas penyelenggaraan kejuaraan dunia MXGP di Samota Sumbawa dan Lombok.

Penghargaan Best Media Opportunity, dan Best Promotion ini diserahkan di London, Inggris, belum lama ini. Saat menerima penghargaan, NTB diwakili Dzulfikar Ahmad Furqon putra sulung Gubernur NTB Periode 2018—2023, Dr. Zulkieflimansyah M.Sc, yang kebetulan menempuh pendidikan Doktoral (PhD) di UCL London.

“Tiga hari lalu sebelum hari H–nya itu, kami diinformasikan akan ada penghargaan buat Samota dan Lombok. Karena waktunya sangat mepet, ketika ada ceremony penyerahan penghargaan, kami meminta Mas Fikar yang kebetulan ada di London untuk mewakili kami,” kata Bang Zul—sapaan akrabnya, Selasa (26/9).

Baca Juga  Tekan Harga Barang, DKP Sumbawa Gelar GPM

Penyelenggaraan kejuaraan motorcross dunia (MXGP) ini ungkap Bang Zul, bukan sekedar balap tapi bagaimana mengenalkan Sumbawa dan Lombok itu kepada masyarakat yang lebih luas di seluruh dunia (global audience).

“Jadi konsentrasinya bukan hanya pada balapnya saja tapi ada yang meng-interest kemudian ada hal-hal lain di luar balap yang dipertontonkan kepada masyarakat. Saya lihat juga banyak pemilik grup motor itu mulai membeli beberapa villa di Lombok yang menurut mereka bahwa Lombok tidak kalah dengan Bali dan tempat-tempat istimewa lainnya di belahan dunia. Jadi kita tidak sia-sia mempromosikan daerah kita dan beberapa dari mereka bukan hanya ingin balap di Lombok tapi ingin tinggal, punya hotel dan macam-macam di tempat kita ini,” kata Bang Zul—tokoh yang mampu meyakinkan FIM Motocross World Championship untuk menggelar MXGP di Indonesia khususnya NTB.

Baca Juga  Jokowi dan TGB Nonton Bareng Penutupan Asian Games Bersama Pengungsi

Sejak kecil Bang Zul mengaku penghobby motorcross dalam kapasitas sebagai penonton aktif. Demikian dengan Sumbawa, Bima dan Lombok, memiliki tradisi motorcross yang kuat. Bahkan banyak pembalap NTB yang menjadi pembalap nasional. Termasuk pembalap MXGP yang mewakili Indonesia dan Asia, berasal dari Lombok.

Dalam kesempatan itu Bang Zul menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sumbawa dan Walikota Mataram yang menghadirkan penyambutan sangat istimewa bagi FIM selaku penyelenggara, pembalap dan krunya yang telah hadir sehingga membawa manfaat bagi masyarakat dan daerah ini. (SR)

mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *