Besok, Rambo Resmi Menjadi Anggota DPRD Sumbawa

oleh -430 Dilihat
Hasanuddin SE (Kiri) dan Rambo (kanan)

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (4 September 2022)–Perjuangan panjang Muhammad Tayeb untuk menjadi anggota DPRD Sumbawa melalui proses Pergantian Antar Waktu (PAW), membuahkan hasil. Rambo demikian panggilannya, akan menggantikan Hasanuddin SE sebagai anggota DPRD Sumbawa dari Partai Berkarya sisa masa jabatan 2019—2024.

Rambo akan dilantik dan mengucapkan sumpah janji sebagai anggota DPRD Sumbawa melalui Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Sumbawa di Gedung DPRD, Senin (5/9/2022) besok. Kepastian ini terungkap dari surat undangan No. 005/109/DPRD/VIII/2022 yang diterima media ini, Sabtu (3/9) kemarin.

Dalam surat undangan yang ditandatangani Ketua DPRD, Abdul Rafiq ini menyebutkan bahwa rapat paripurna itu berisi susunan acara di antaranya Pembacaan Keputusan Gubernur NTB tentang pemberhentian Hasanudddin SE sebagai anggota DPRD Sumbawa. Kemudian pembacaan Keputusan Gubernur NTB tentang pengangkatan Muhammad Tayeb sebagai anggota DPRD Sumbawa.

Baca Juga  FH: Pemda Jangan Lagi Terjebak dan Tertipu

Selanjutnya penandatanganan berita acara dan pengucapan sumpah/janji oleh Muhammad Tayeb Rambo. Diikuti dengan penyematan lencana Keanggotaan DPRD Kabupaten Sumbawa. Dengan resminya pelantikan ini, berarti masih ada sisa waktu sekitar setahun lebih Rambo melaksanakan tugas sebagai wakil rakyat.

Seperti diberitakan, PAW ini terjadi berawal dari adanya surat pemecatan terhadap Hasanuddin oleh Partai Berkarya pada tanggal 7 Agustus 2021. Pemecatan inipun mendapat perlawanan dari Hasanuddin sehingga melakukan upaya hukum di Pengadilan Negeri. Proses gugatan ini cukup alot. Hasanuddin didampingi Kusnaini SH selaku kuasa hukum, sedangkan Rambo didampingi Surahman MD, SH., MH.

Pada gugatan pertama ke Pengadilan Negeri Sumbawa memutuskan “gugatan tidak dapat diterima”. Gugatan kedua ke Pengadilan Negeri Sumbawa juga dengan amar putusan yang sama yaitu gugatan tidak dapat diterima serta Pengadilan Negeri Sumbawa tidak berwewenang mengadili perkara A Quo.

Baca Juga  Pemerintahan Husni—Mo Ingin Menang di Hati Rakyat

Menyikapi proses ini, DPRD Sumbawa sempat melakukan konsultasi ke Kemenkum HAM RI. Bahkan DPRD disomasi karena lamanya melakukan proses PAW. PAW pun disetujui Gubernur NTB yang dibuktikan dengan adanya surat keputusan untuk memberhentikan Hasanuddin dan mengangkat Muhammad Tayeb (Rambo) sebagai anggota DPRD Sumbawa. (SR)

mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *