Dikenal Kedermawanannya, Masyarakat Pesisir Klop Dukung Jarot-Mokhlis

oleh -71 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (23/11/2020)

Masyarakat Pesisir mayoritas Suku Bugis di wilayah Kabupaten Sumbawa, menyatakan diri mendukung Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Sumbawa, Ir. H. Syarafuddin Jarot MP—Ir. H. Mokhlis M.Si (Jarot—Mokhlis). Masyarakat pesisir pendukung Jarot-Mokhlis ini menamakan diri “Sahabat Daeng”. Jumlah mereka cukup banyak dan sangat kompak.

Pembina Sahabat Daeng, Daeng Karim yang ditemui di kediamannya, Ai Boro Teluk Santong Kecamatan Plampang, Minggu (22/11), membenarkan adanya dukungan tersebut. Masyarakat pesisir yang tergabung ‘Daeng Sahabat’ secara bulat mendukung Jarot Mokhlis. Jika ada yang mengklaim atau membawa-bawa nama Daeng itu bukan dari mereka. Sebab mereka dikenal dengan sebutan masyarakat ‘tirai bambu’ yakni serumpun dan sulit dipisahkan satu sama lain. “Kami bukan organisasi tapi masyarakat Sumbawa dari Suku Bugis. Istilah Daeng ini pertamakali muncul di pasangan nomor 5. Ada juga di antara pasangan calon lain yang ikut-ikutan, menamakan diri relawan daeng dan lainnya. Itu bukan kami. Karena resminya kami yang tergabung di Sahabat Daeng mendukung nomor 5,” jelasnya.

Baca Juga  Duet Zul-Rohmi Berjaya di Survei Terbaru Populi Center

Pria yang bernama lengkap Daeng Andi Apu Karim DM ini mengakui sebagai orang yang dituakan di kalangan Suku Bugis yang telah menjadi warga Sumbawa. Mereka sudah beranak pinak dan turun temurun hidup di Sumbawa. Sepanjang sejarah perpolitikan di Sumbawa, mereka sudah membuktikan satu dalam dukungan. Sudah beberapa calon yang didukung selalu menang. Sebut saja, Drs. H. Jamaluddin Malik terpilih selama dua periode, lanjut Husni—Mo.

Pada Pilkada Sumbawa 2020 ini, Daeng Karim bersama Sahabat Daengnya mendukung pasangan Jarot—Mokhlis. Selain karena ikhtiar secara gaib, pasangan ini dinilai jiwa sosial dan kedermawanannya cukup tinggi. Pertimbangan lainnya, mereka menginginkan pemimpin baru. Sedangkan dari segi program, mereka tertarik dengan visi misi yang tertuang dalam 15 Terobosan Berkemajuan, yang sejalan dengan harapan masyarakat pesisir. Seperti memperjuangkan berdirinya pabrik pakan bagi peternakan dan perikanan, membangun sentra budidaya lobster, pemerataan bantuan sarana bagi nelayan tangkap maupun budidaya.

Baca Juga  Pembahasan APBD Dipersingkat, Penetapan Dipercepat

Program lainnya, jaminan akses permodalan usaha bagi nelayan dan usaha perikanan berskala kecil. “Sebagai masyarakat pesisir yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan, program-program Jarot Mokhlis memberikan perhatian serius terhadap nasib kami. Insya Allah akan kami perjuangkan maksimal, agar pasangan dengan tagline Sumbawa Maju ini bisa memimpin Sumbawa,” pungkasnya. (SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *