Dinas Dikbud Sumbawa Perpanjang ‘Libur Sekolah’ Hingga 27 April 

oleh -28 views
Kadis Dikbud Kabupaten Sumbawa, H. Sahril S.Pd

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS DIKBUD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (8/4/2020)

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa kembali memperpanjang ‘libur sekolah’ yaitu mengalihkan sementara kegiatan belajar siswa di sekolah ke rumah (Home Learning). Kebijakan ini diambil selama masa pandemic virus Corona atau Covid-19 ini. Kebijakan ini diambil untuk ketiga kalinya. Sebelumnya yang kedua, home learning ini hingga 11 April. Meski belum berakhir, Dikbud kembali memperpanjang selama 16 hari. “Rencananya (Home Learning) ini kita perpanjang untuk ketiga kalinya. Insya Allah, surat edarannya saya buat Hari Kamis, tanggal 9 April,” kata Kadis Dikbud Kabupaten Sumbawa, H Sahril, S.Pd, belum lama ini.

Selain memperpanjang ‘libur sekolah’, pihaknya akan melakukan evaluasi kegiatan sekolah selama siswa dirumahkan. Berdasarkan laporan yang diterimanya, sejauh ini berjalan sesuai rencana. Para guru sukses mencari jalan keluar meski dengan fasilitas yang terbatas. Untuk memastikannya, Ia akan melakukan telekomference dengan kepala sekolah. Telekonference itu sendiri sudah dilakukan ujicoba. “Saya ingin memastikan langsung aktifitas di sekolah tetap berjalan dengan baik,” ujarnya.

Namun, ia mengakui belum semua kecamatan di Sumbawa memiliki akses internet yang baik. Seperti di Batulante dan Orong Telu. Untuk menyiasati kondisi tersebut, para guru bisa menerapkan sistem pemberian tugas kepada peserta didiknya. “Tapi tugasnya jangan sampai membebani psikologis anak-anak. Sebab, bukan saja orang dewasa yang psikologisnya terbebani oleh virus Corona, tapi anak-anak kita juga ikut merasakannya,” demikian Haji Sahril. (SR)

DPRD DPRD
Baca Juga  Mampir Sholat Jumat, Jokowi Kepincut Kain Tenun Lombok