Gelontorkan Dana 300 Juta, BRI Wujudkan Galeri Rumah Pajang Ekowisata Desa Batu Dulang

oleh -179 Dilihat

Diresmikan Gubernur NTB, Langsung Diserbu Pengunjung  

SUMBAWA BESAR, SR (27/5/2019)

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M.Sc meresmikan Galeri “Rumah Pajang” Ekowisata di Desa Batu Dulang, Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa, Senin (27/5). Peresmian Galeri yang diwujudkan melalui program CSR Bank BRI Cabang Sumbawa tersebut dihadiri Bupati Sumbawa, Pimpinan Cabang BRI Sumbawa, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi NTB, Karo Humas Protokol Setda Provinsi NTB, Kepala Dispopar Sumbawa, Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa, Forkopimda, Camat Batu Lanteh Kades, dan tokoh agama.

Dalam kesempatan itu Gubernur menyatakan peresmian Rumah Pajang Ekowisata di Desa Batu Dulang ini merupakan langkah awal yang baik bagi pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Batu Lanteh, terlebih pengembangan konsep ekowisata ini sangat relevan dengan konsep industrialisasi yang merupakan visi Pemerintah Provinsi NTB. Doktor Zul—akrab orang nomor satu di NTB ini menjelaskan, pengembangan konsep industrialisasi hakikatnya tidak selalu identik dengan mendirikan perusahaan dan pabrik-pabrik besar. Industrialisasi dimaksud adalah adanya upaya nyata dan inovasi serta program yang berkelanjutan dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Bupati Sumbawa HM. Husni Jibril, B.Sc dalam sambutan penerimaannya berharap diresmikannya Rumah Pajang Ekowisata ini dapat menjadi pintu gerbang bagi upaya peningkatan kualitas SDM serta perkembangan perekonomian masyarakat di Kecamatan Batu Lanteh. Ini mengingat potensi ekonomi dan wisata di Desa Batu Dulang sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Haji Husni—demikian sapan Bupati, menyebutkan, terdapat beberapa komoditi unggulan yang sangat potensial untuk dikembangkan di Desa Batu Dulang. Di antaranya adalah kopi robusta dan madu hutan, yang merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia, sekaligus dapat menjadi daya tarik wisata bagi wilayah ini.  Karena itu Ia berharap Bank BRI sebagai salah satu mitra pemerintah dapat terus berkontribusi dan bersinergi bersama pemerintah untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di Kecamatan Batu Lanteh, termasuk kecamatan-kecamatan lain di Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga  Masuk OGP, Bupati KSB Bagi Pengalaman Penerapan PDPGR

Sebelumnya, Pimpinan BRI Cabang Sumbawa, Hence Hanok Liuw melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan program BRI Teras Nusantara yang dilaksanakan di Desa Batu Dulang. Program tersebut merupakan implementasi komitmen Bank BRI dalam rangka turut serta sebagai agent of development atau agen pembangunan, khususnya di Kabupaten Sumbawa. BRI mencoba menjadi bank BUMN pertama yang mulai membangun desa untuk Indonesia. Lebih jauh diungkapkan Hence, dipilihnya Desa Batu Dulang sebagai desa binaan, karena memiliki potensi wilayah yang komprehensif, dengan sumber daya alam yang potensial. Selain itu potensi ekowisata yang memukau dan potensi pengembangan UMKM yang luar biasa. “Potensi inilah yang kami garap menjadi sebuah program BRI Teras Nusantara dengan menjadikan Desa Batu Dulang sebagai desa binaan,” jelasnya.

Baca Juga  Tim PHP2D UTS Serahkan Mesin Pengering Ikan untuk Nelayan Labuhan Bajo Utan

Dalam program Teras BRI Nunsatara, sambung Hence, BRI melakukan tiga kegiatan utama. Pertama, pembangunan fisik berupa pengerjaan gapura desa, pembangunan rumah pajang atau Galery UMKM Britama seluas 4×7 meter persegi, pembangunan Café Kopi Britama Batu Dulang seluas 4×7 meter persegi, dan pembangunan Landmark Tulisan Desa Batu Dulang. Kedua, mendukung kegiatan pertanian madu, berupa bantuan 100 paket tas ransel, 100 kaos, 100 sepatu boat, dan 100 sarana berburu madu, 2000 kemasan, dan 2 unit tong penampung madu hutan, serta satu unit alat pengukur kadar air madu. Semuanya diberikan kepada petani madu. Ketiga, melakukan kegiatan pelatihan dan pengembangan UMKM, dalam bentuk peningkatan kapasitas petani madu dan pemberian 100 rekening BRI. Selanjutnya melakukan pengecetan tembok jalan desa sepanjang 145 meter, pengecetan tembok sekolah dan tembok Polindes, maupun perbaikan sarana penunjang ibadah masjid Desa Batu Dulang. Total anggaran yang disediakan untuk menyukseskan kegiatan ini mencapai Rp 300 juta. “Semua ini berkat dukungan dan peran serta aktif Pemerintah Desa Batu Dulang dan support Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, serta semua pihak baik langsung maupun tidak langsung dalam menyuskeskan kegiatan ini,” pungkasnya. (JEN/SR/*)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *