Bupati Sumbawa Dianugerahi Tanda Penghargaan Dharma Pertahanan

oleh -82 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (09/09/2018)

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc bersama Wakil Gubernur NTB dan sejumlah pejabat lainnya menerima Penganugerahan Tanda Penghargaan Dharma Pertahanan dari Menteri Pertahanan RI. Tanda penghargaan Dharma Pertahanan tersebut diberikan sebagai wujud penghargaan negara kepada warga negara Indonesia yang berjasa dalam menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia melalui bidang pertahanan. Penyerahan penghargaan ini dilakukan Brigjen TNI Sisriadi selaku Dirjen Kemenhan RI pada acara “Welcome Dinner” rangkaian Kegiatan Sail Moyo Tambora Tahun 2018, di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, Sabtu (8/9) malam.

Dalam sambutannya, Menhan diwakili Brigjend TNI Sisriadi menyampaikan ucapan selamat kepada Gubernur, Pangdam, Kapolda, Bupati serta para penerima Tanda Penghargaan Dharma Pertahanan. Ia berharap penganugerahan ini dapat dijadikan momentum untuk memperkuat kecintaan kepada NKRI. Lebih jauh dijelaskannya, bahwa pertahanan negara diselenggarakan oleh pemerintah dan dipersiapkan sejak dini dengan sistem pertahanan negara yang bersifat semesta melalui usaha membangun dan membina segenap sumber daya dan sarana prasarana nasional, serta semua wilayah NKRI sebagai satu kesatuan pertahanan dalam menanggulangi ancaman. Pertahanan negara bukan hanya tanggung jawab Kementerian Pertahanan saja tetapi juga seluruh komponen bangsa. “Peran anda sesuai profesi masing-masing sangat penting dalam penyelenggaraan pertahanan negara. Karenanya, menjadi sangat penting untuk menjalin sinergitas antara seluruh komponen bangsa. Dengan sinergitas tersebut kita sebagai bangsa akan semakin kuat dan pada akhirnya akan memberikan dampak pada kokohnya pertahanan negara,” terangnya.

Baca Juga  DPT Pemilu 2019 di Kabupaten Sumbawa Berkurang 1.722 Pemilih

Kementerian Pertahanan menilai bahwa peran dan kerjasama Pejabat Pemerintah Daerah, Pangdam, Kapolda, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat Nusa Tenggara Barat dalam membantu kelancaran tugas-tugas menjaga kedaulatan wilayah NKRI adalah sangat penting dan bernilai strategis. Dengan demikian, negara melalui Kementerian Pertahanan perlu memberikan penghargaan bagi para pejabat dan tokoh tersebut yang berjasa dan berkontribusi dalam membantu kelancaran kegiatan di bidang pertahanan terutama di Nusa Tenggara Barat. Pemberian Tanda Penghargaan ini juga merupakan amanat dari Peraturan Menteri Pertahanan No. 20 Tahun 2013 tentang Pemberian Tanda Penghargaan Dharma Pertahanan yang diberikan kepada setiap orang atau lembaga yang berjasa dalam menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia melalui bidang pertahanan. “Sekali lagi saya ucapkan selamat atas penghargaan yang telah diterima. Hendaknya tetap menjaga sinergitas agar sendi-sendi persatuan dan kesatuan kita tetap terjaga serta semakin kuat dan kokoh. Semoga penganugerahan Tanda Penghargaan Dharma Pertahanan ini akan memberikan motivasi bagi kita semua untuk selalu memberikan manfaat bagi sekeliling kita sehingga kedaulatan NKRI tetap terjaga,” pungkasnya. (JEN/SR)

rokok pilkada mahkota NU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *